oleh

Pengurus Organisasi Pasar Sentral Siwa Tudang Sipulung, Tindak lanjut Hasil Kesepakatan Rapat Pemerintah dan DPRD Wajo

 

Porosnusantara.co.id,Wajo Sulsel- Setelah menindak lanjuti pertemuan pemerintah, DPRD Wajo dan Pengurus Organisasi Pasar Sentral Siwa, bersama para pedagang di kantor Kecamatan Pitumpanua yang menghasilkan 9 poin kesepakatan maka kisruh dan politik pasar sentral siwa di anggap selesai.

Adapun hasil kesepakatan pertemuan tersebut sebagai berikut.
1.Polemik dan kisruh pembagian kios, lods, pelataran dan ruko di pasar Siwa Kecamatan Pitumapanua sudah selesai.
2.Pedagang yang memiliki dua tempat bersedia menyerahkan salah satunya ke Pemda Wajo selanjutnya di serahkan kepada pedagang korban kebakaran tahun 2002 yang masih aktif berjualan yang belum terakomodir.
3.Pedagang /Pemilik yang telah mengeluarkan biaya perbaikan kios, lods miliknya akan di gantikan oleh pedagang yang belum terakomodir untuk memiliki kios, lods tersebut, tetap di kordinasikan dan di fasilitasi oleh Pemda Wajo (kordinator pasar Siwa).
4.Bagi penjual/pedagang yang belum memiliki tempat, lods, kios agar mendaftar segera kepada Dinas Pasar dan Perdagangan (Kordinator pasar Siwa) sampai tanggal 31 oktober 2019.
5.Dinas Pasar akan menerbitkan SIPT/SITU untuk pedagang yang sudah memiliki kios, lods dan ruko.
6.Pedagang yang sudah memiliki SIPT/SITU tidak boleh di pindah tangankan, diperjual belikan dan di sewakan, apabila ada pelanggaran Pemda Wajo akan ambil alih
7.Untuk lapak penjual buah yang ada di depan ruko, jalan poros Makassar – Rapopo di relokasi setelah ada tempat di sediakan oleh Pemda dan akan di usahakan secepatnya.
8.Iuran retribusi pembayaran kios, lods dan ruko menunggu keputusan Perda dan pembahasan DPRD Wajo.
9.Pedagang bersedia bersihkan tenda darurat dan membuat atap teras ruko (kanopi) ukuran sekitar 2,5 Meter dengan rapi.
Maka dari itu untuk menindaklanjuti hasil kesepakatan tersebut, pengurus organisasi pasar sentral Siwa bersama pedagang dan kordinator pasar Pitumpanua melakukan pertemuan tudang sipulung di aula kantor pasar Siwa

“Kami tadi bersama pedagang melakukan tudang sipulung, membicara kan terkait diantaranya pemasangan atap teras ruko (kanopi) dan saya ingatkan kembali bahwa pendaftaran losd, kios hanya
sampai tanggal 31 oktober 2019 bagi pedagang yang belum terakomodir, agar segera mendaftar ke dinas pasar melalui kordinator pasar.” jelas H Rukman Nawawi selaku ketua organisasi pasar Siwa

H.Rukman Nawawi menambahkan, mengenai kebersihan dan ketertiban akan di tingkatkan, pengamanan pasar akan kita kordinasikan ke Polsek dan Koramil Pitumpanua, Sementara parkiran kendaraan pengunjung dan pedagang pasar akan diatur, tidak ada lagi kendaraan masuk dalam pasar.
Pedangan di minta supaya mengatur barang jualannya agar tidak menganggu akses jalan dalam pasar.

Sementara pedagang kaki lima yang ada di depan ruko berjualan pada hari Rabu – Minggu akan segera di tata ulang tempatnya.

“Kita akan data ulang penjual kaki lima yang menjual pada hari Rabu – Minggu, penjual yang menggunakan mobil juga akan di tertibkan.”jelas Anton kordinator pasar siwa.(Bust)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini