oleh

Disdukcapil Wajo Gelar Sosialisasi Pencatatan Kelahiran dan Kartu Keluarga Online di Kecamatan Pitumpanua

 

Porosnusantara.co.id,Wajo SulSel- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Wajo menggelar sosialisasi pencatatan akte kelahiran dan kartu keluarga on line di Kelurahan Siwa,Kecamatan Pitumpanua jum’at (18/10/2019)

Kepala Dinas Dukcapil Wajo, Dra Dahniar Gaffar didampingi camat Pitumpanua ANDI MAMU, S. STP., M. Si, dan Lurah Siwa Ariyanti Marzuki,S.Pt.,MM bersama mobil pelayanan keliling dukcapil Tayo hadir untuk kedua kalinya melayani pengurusan akte kelahiran dan kartu keluarga masyarakat Kelurahan Siwa.

Kepala Dinas Dukcapil Wajo, Dahniar Gaffar mengatakan, sosialisasi ini digelar dalam rangka mensukseskan kebijakan penyelenggaraan tertib administrasi kependudukan secara nasional.

“Pengurusan akte kelahiran,kartu keluarga,ktp,dan beberapa dokumen hari ini kita layani,ini merupakan salah satu program kita menuju kecamatan GISA.Ada dua kecamatan menjadi pilot project,kecamatan Pitumpanua dan Belawa,hari ini di kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua,kita akan layani dokumen yang ada dan kita harapkan semua masyarakat memiliki dokumen kependudukan,”jelas Dahniar di hadapan masyarakat kelurahan Siwa.

Lanjut ,Ia mengatakan ada kartu identitas anak yang kita akan terbitkan,tetapi semuanya itu di proses setelah punya akte kelahiran, kartu keluarga dan persyaratan lainya.

Karena ini dokumen sangat penting dan di gunakan untuk pelayanan publik lainya,sehingga di mharapkan semua masyarakat memiliki.Misalnya mengurus BPJS,kredit di bank,mau menikah pastilah butuh identitas ktp dan kartu keluarga.

“Semua dasar pengurusan layanan publik itu adalah dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil,sehingga kita di pagi hari ini,kita datang untuk mendekatkan diri kepada masyarakat,kita ingin membantu masyarakat agar semua dokumen kependudukan itu benar,”jelasnya.

Sementara itu camat Pitumpanua Andi Mamu, mengapresiasi sosialisasi ini karena mempunyai makna yang strategis dan penting dalam meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan hak konstitusional warga negara, serta menjamin hak dasar anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpastisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Untuk pelayanan akte kelahiran,kartu keluarga,perekaman ktp serta dokumen lainya, selanjutnya masyarakat kecamatan Pitumpanua sudah dapat di layani dan di akses di kantor kecamatan,” jelasnya.

Lurah Siwa Aryanti Marsuki sangat berterimah kasih dan pelayanan ini sangat membantu masyarakat mengingat jarak tempuh pengurusan ke kabupaten sangat jauh dan menyita waktu.(bust)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini