by

Sosialisasi Pengelolaan Persampahan dan Kebersihan Lingkungan Kelurahan Tengah

Singkawang,  Poros Nusantara – (9/10/2019), Sosialisasi pengelolaan persampahan dan kebersihan lingkungan Kelurahan Tengah, Kecamatan Singkawang Barat di halaman lapangan futsal Jln. Pembangunan Kelurahan Tengah pukul 08.00 wib.

Hadir di dalam sosialisasi ini Ketua sementara DPRD Kota Singkawang Bapak Sujianto, Sekretaris Kecamatan Singkawang Barat Bapak Nasruddin, Bapak Dedi Zahidi dari Dinas Lingkungan Hidup selaku Narasumber, Bapak Yulius Immammora S.H. Lurah Kelurahan Tengah, Ketua LPM Kelurahan Tengah Bapak Awaludin, Ketua RT se-Kelurahan Tengah, warga dan ibu – ibu PKK kelurahan Tengah.

Sosialisasi ini merupakan upaya pemerintah Kota Singkawang dalam menangani masalah sampah yang terus bertambah setiap harinya. Sebagai kota pariwisata, Singkawang perlu wajah yang bersih agar nampak indah sehingga menarik wisatawan dan membuat mereka betah ketika datang ke Singkawang.

Dinas Lingkungan Hidup masih kurang personil untuk menangani masalah sampah ini. Mereka berharap masyarakat dapat bekerjasama membantu pemerintah untuk mengelola sampah ini. Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat dapat mengelola sampah yang ada di lingkungan Kelurahan Tengah, terutama sampah yang dihasilkan dari rumah tangga. ” Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, lingkungan Kelurahan Tengah bisa menjadi bersih dan saya berharap semua RT bisa bekerja sama dalam pengelolaan sampah ini sehingga kelurahan Tengah bisa menjadi lingkungan yang sehat seperti yang kita harapkan. Jelas Pak Yulius selaku Lurah Tengah dalam sambutannya.

BACA JUGA  KPU Padang Plenokan DPSHP Tingkat Kota Padang

Dalam kesempatan ini, Kelurahan Tengah juga mendapat bantuan satu unit kendaraana roda tiga untuk pengangkutan sampah dan satu unit alat penebas rumput yang di peruntukkan untuk kebersihan lingkungan Kelurahan Tengah.

SekCam Bapak Nasruddin dan Ketua Sementara DPRD Kota Singkawang Bapak Sujianto sangat mengapresiasi sosialisasi persampahan di lingkungan Kelurahan Tengah ini. Mereka berharap Kelurahan Tengah bisa menciptakan lingkungan yang bersih, sehingga terwujud masyarakat yang sehat dan dapat menjadi contoh bagi Kelurahan lain.

BACA JUGA  Kementan Mantapkan Kawasan Mangga Arummanis Rembang

Dalam penyampaiannya, pihak Dinas Lingkungan Hidup memaparkan peraturan tentang pengelolaan sampah yang sudah di atur perda Kota Singkawang. Selain itu, juga disampaikan cara menangani sampah yang bijak dan benar dengan melakukan tiga langkah :

1. Buanglah sampah pada tempatnya

Buanglah sampah pada tempatnya jangan di selokan, parit dan sungai. Sehingga dapat membuat kotor lingkungan dan ketika musim hujan akan menimbulkan banjir. Selain itu, dihimbau kepada warga agar dapat membuang sampah di TPS sesuai jam yang telah di sepakati, yaitu dari jam 18.00 sore hingga 06.00 pagi.

2. Melakukan 3 R

Reduce = Mengurangi timbulan sampah
Reuse = Menggunakan kembali barang agar tidak menjadi sampah
Recycle = Mendaur ulang barang agar menjadi barang lain yang bernilai guna dan ekonomis

3. Pilah sampah berdasarkan jenis

BACA JUGA  Semangat Gotong Royong Tingkatkan Kepedulian Terhadap Masyarakat

Warga di harapkan mampu memilah dan mengelompokkan sampah sesuai jenis. Sampah organik adalah sampah sisa makanan, sisa sayuran, sisa buah, daun kering, daging, dan lain-lain. Sampah anorganik adalah sampah seperti botol, kaleng makanan dan minuman dan sampah limbah bahan berbahaya dan beracun (Limbah B3) seperti sampah medis, lampu bekas, aki, cartrige bekas, botol derosol, baterai bekas.

Melalui surat edarannya, Walikota Singkawang Ibu Thjai Chui Mie, S.E., M.H. menghimbau masyarakat Kota Singkawang, baik dari instansi pemerintah, swasta, badan usaha, organisasi, sekolah, lembaga pendidikan tinggi dapat bekerja sama dalam rangka mewujudkan lingkungan bersih, indah, sehat dan nyaman sesuai Peraturan Walikota nomor 54 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah Kota Singkawang dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga tahun 2018 – 2025.

Biro Singkawang (Tim Poros Nusantara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini