Korem 032 Wira Braja Gelar Kejuaraan Panjat Tebing Internasional

  • Bagikan

 

Untuk meng-Olahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga , Kejuaraan Panjat Tebing ” Wira Braja Open& Speed Classic Extreme Games Silo 10.000 ” yang diikuti 150 peserta dibuka langsung oleh Komandan Resor Militer ( Danrem ) 032/Wirabraja, Brigjen TNI.Kunto Arief Wibowo, Minggu 06 Oktober 2019 dikawasan Silo Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto .
Kejuaraan Panjat Tebing yang akan berlangsung sampai Rabu 09 Oktober 2019 mendatang itu memperebutkan total hadiah Rp 126 juta .

Disebutkan oleh Komandan Distrik Militer ( Dandim ) 0310 Sawahlunto,Sijunjung,Dhamasraya (SSD) Letkol,Inf.Dwi Putranto, ajang ” Wirabraja Open ” yang digelar sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 74 Tahun ini terbagi dalam 3 kategori yakni ; kategori Umum, kategori Militer (TNI-Polri) dan kategori kelompok umur .

” Event kita ini disupport dengan peserta dari berbagai Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Juga beberapa peserta dari Negara ASEAN “, kata Dwi Putranto dalam laporannya.

Sementara,Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan bahwa, digunakannya Kawasan Silo sebagai lokasi kompetisi Panjat Tebing ini menjadi terobosan baru,sekaligus daya tarik khusus bagi peserta maupun penonton.
Karena itu,kedepannya Kunto Arief berharap agar Event tersebut dapat dilanjutkan dan dtingkatkan kualitasnya .

“Silo ini memiliki kekayaan nilai sejarah yang tinggi. Sekarang bisa dimanfaatkan untuk sarana panjat tebing, kan ini unik dan mempunyai daya tarik yang bisa diandalkan.
Bukan tak mungkin Silo ini menjadi semacam tempat”Umrah’nya para Atlet panjat tebing Tanah Air”, ujar Kunto Arief Wibowo .

Pada moment seremonial pembukaan “Wirabraja Open” , bersamaan dengan pemukulan tambur bersama oleh Danrem dan unsur Forkopimda Sawahlunto, juga diwarnai dengan atraksi Atlet FPTI Sawahlunto yang memasang baliho acara di dinding Silo.

Penyelenggaraan Event itu, selain meningkatkan motivasi, para atlet panjat tebing lokal di Sawahlunto, juga diharapkan dapat membantu promosi wisata’ Kota Warisan Budaya Dunia Versi UNESCO’ tersebut. Seperti yang disampaikan Walikota Deri Asta.

“Pada event sport tourism ini, sangat membantu dalam promosi wisata Sawahlunto. Apalagi lokasi event ini juga merupakan salah satu destinasi wisata heritage town. Kami sangat senang adik-adik peserta nanti dapat membantu mempromosikan dan menceritakan tentang wisata di Sawahlunto ini kepada teman dan keluarga. Sementara, jika ada saran dan masukan juga terkait wisata disini, silahkan disampaikan kepada kami”,kata Deri Asta.

Berbagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) di Sawahlunto juga diberikan kesempatan untuk berjualan di Stand-Stand pameran yang telah disediakan pihak panitia .
Terlihat ada sejumlah produk Songket Silungkang, makanan khas daerah dan lainnya yang dijual disana. ( AN )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *