oleh

Bupati Wajo menghadiri acara World Pharmacists Day 2019 di Lapangan Merdeka Sengkang

 

Poros Nusantara, Wajo – Ikatan Apoteker Indonesia ( IAI ) pengurus cabang Wajo mengadakan acara World Pharmacist Day 2019 bekerjasama dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang diadakan di Lapangan Merdeka Sengkang, Minggu 29 September 2019.

Dengan mengambil tema Pharmacist of Wajo Ensure Save And Effective Medicine For All, adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berupa Senam Dagusibu, pemeriksaan kadar gula darah sewaktu, donor darah, penyuluhan Dagusibu, Games berhadiah dan lomba foto Booth.

Dagusibu itu sendiri merupakan kepanjangan dari dapatkan artinya Belilah obat di tempat yang paling terjamin yaitu di apotek karena penyimpanan obat di apotek lebih terjamin sehingga obat sampai ke tangan pasien dalam kondisi baik, Gunakan artinya gunakan obat dengan benar penggunaan obat harus sesuai dengan aturan yang tertera pada wadah atau etiket, obat antibiotik harus dihabiskan atau dikonsumsi sampai habis.

Simpan artinya menyimpan obat dengan benar sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada dalam kemasan dan Buang yang artinya bila obat kadaluarsa atau rusak, maka obat tidak boleh diminum, untuk itu obat perlu dibuang dan jangan buang sembarangan.

Dalam kegiatan ini Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si juga nampak larut bersama dengan masyarakatnya, dia mengikuti senam serta kegiatan lainnya dan foto bersama dengan masyarakat yang tumpah ruah di lapangan Merdeka Sengkang pada hari ini.

Ini sangat diapresiasi oleh masyarakat kota Sengkang yang juga kebetulan hadir pada hari ini, banyak dari mereka secara spontan untuk melakukan foto bersama dengan Bupati Wajo, kegiatan ini sendiri sangat menarik perhatian karena banyak juga masyarakat yang dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis pada hari ini, mulai pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan lain sebagainya

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Rahma Mustarin yang merupakan Ketua PC Ikatan Apoteker Indonesia ( IAI ) pengurus cabang Wajo menjelaskan bahwa hari ini adalah World pharmacist Day 2019, ini dalam rangka memperingati hari apoteker sedunia, ada pemberian SKP, pengabdian apoteker kepada masyarakat.

“Di acara Car freeday ini, kita melaksanakan acara penyuluhan Dagusibu yaitu gerakan keluarga sadar obat (GKSO), jadi ada disini Dapatkah obat, Gunakan obat, Simpan obat dan Buang obat secara baik dan benar, dari kegiatan ini ada beberapa kegiatan yaitu Senam Dagusibu, Pemeriksaan gratis gula darah dan kolesterol ada pemeriksaan tensimeter darah dan lomba foto booth jadi masyarakat kita perkenalkan profesi kami, juga nantinya di Instagram dan tentunya ada games berhadiah,” kata Rahma Mustarin.

Bupati Wajo Dr H. Amran Mahmud S.Sos., M.Si ketika kami konfirmasi di akhir acara menyampaikan bahwa,

“Alhamdulillah kita menghadiri acara ini, dalam rangka World Pharmacist Day 2019, kita laksanakan dan kita apresiasi kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh Ikatan Apoteker Indonesia, diantaranya kegiatan Baksos yang dilakukan Ikatan Apoteker Indonesia, ini yang tentu menjadi bagian penting di dalam masyarakat, di dalam mengawal masyarakat di dalam memberikan edukasi tentang bagaimana cara penggunaan obat yang baik, agar tidak salah prosedur dan tidak salah menggunakan, hingga betul-betul bisa menjadi edukasi kepada masyarakat kita,” ucap Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Dan dikatakan kalau kegiatan ini di tiap minggunya terkait acara carfreeday, dia berharap ini terus digiatkan karena bagaimanapun juga sehat itu adalah penting atau utama, sehingga harus ada media, ada tempat sekaligus referensi dan tempat silaturahim sekaligus bisa untuk penyegaran.

“Kita berharap masyarakat bisa membudayakan, bisa menjaga kedisiplinan berolahraga agar tetap terjaga kesehatannya,” harap Bupati Wajo.

Hadir diacara ini Sri Muntani Ketua PAFI Persatuan Ahli Parmasi Indonesia yang juga aktif memberikan games games berhadiah kepada peserta dan masyarakat yang hadir dengan memberikan pertanyaan serta bisa mendapatkan hadiah tentunya kalau jawabannya benar.

( Humas/ Nenk Chia )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini