oleh

Lumbung Derma Sosialisasikan Bahaya Asap Karhutla ke TK dan SD Kota Padang

 

Poros Nusantara, Kota Padang-Adanya kabut asap kiriman akibat adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berdampak di sejumlah daerah di Prov.Sumatera Barat membuat Lumbung Derma intens melakukan sosialiasi terkait bahaya asap sekaligus membagikan masker.
Lumbung Derma melakukan sosialisasi sekaligus memberikan masker ke tiga sekolah dasar dan TK yang ada di Kecamatan Padang Utara bekerja sama dengan Puskesmas Ulak Karang, Kamis (26/09).
Sosialisasi dan pembagian masker sendiri dimulai di TK Aisyiyah 6 dengan sasaran 70 murid TK dan orang tua siswa. “Diharap dapat meminimalisir kegiatan di luar ruangan akibat masih adanya kabut asap kiriman, sementara apabila bepergian agar jangan lupa selalu menggunakan masker”, jelas Petugas Kesehatan Puskesmas Ulak Karang, Rahmi Wilda. Selain itu, pihaknya juga menjelaskan cara penggunaan masker serta tips untuk menghindari penyakit akibat asap karhutla.
“Sayur dan buah sangat penting dikonsumsi saat udara tidak sehat. Selain itu perbanyak konsumsi air minum untuk menghindari dampak dari kabut asap”, tambah Rahmi.
Sementara itu, Koordinator Tim Kampanye dan Advokasi Lumbung Derma, Tommy Adam menjelaskan bahwa sangat penting untuk mengedukasi terkait bahaya asap akibat Karhutla kepada anak-anak karena merupakan kelompok yang paling rentan. Selain itu adanya edukasi bahaya asap kebakaran sangat penting dilakukan karena saat ini dinilai masih minim dilakukan, jelas Tommy.
Kegiatan edukasi dan pembagian masker sendiri dilanjutkan di SDN 11 Lolong Belanti dan TK Kemala Bayangkari Lolong Belanti, Kec.Padang Utara dengan total murid sekitar 200 orang. Sementara untuk total masker yang telah dibagikan sebanyak 4 kotak.
Lumbung Derma merupakan koalisi organisasi masyarakat sipil dan perorangan yang aktif dan peduli serta membangun solidaritas terhadap kejadian bencana.

BACA JUGA  Nagari Sungai Jambur, Di Hujani Proyek Amburadul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini