by

Festival 1 Muharram 1441 H Kab. Tanah Datar Berlangsung Dengan Sukses

 

Poros Nusantara, Kab.Tanah Datar Sumbar- Kegiatan Festival 1 Muharram 1441 Hijriah yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 21 September 2019 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanah Datar berlangsung dengan sukses. Dalam laporan pertanggung jawban kegiatan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Riswandi, SPd. MPd melalui pidatonya mengatakan bahwa tahun baru islam merupakan sebuah momentum penting untuk perubahan kearah yang lebih baik.” Dengan tema melalui festival 1 Muharram 1441 H kita wujudkan kabupaten madani yang berbudaya dan sejahtera dalam nilai nilai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah. Adapun maksud dan tujuan di adakan festival Muharram ini agar menjadi wadah bagi siswa siswi tingkat SD/MI, SMP/ MTS dan SMA/MA untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada Allah SWT sejak dini, memeriahkan tahun baru islam serta mengembangkan bakat anak anak kita di bidang islam, baik tafidz, adzan, tpsi, kaligrafi dan lagu lagu islam dengan berbagai macam lombayang bernuansa islami.” Ujar Riswandi.

BACA JUGA  Pengerjaan peningkatan Proyek jalan lingkungan di duga asal asalan

Lebih lanjut lagi katanya dimana nantinya hasil karya peserta akan di pajang di kota Batusangkar. Dan Riswandi juga berharap kedepannya akan lebih baik dan meriah lagi dari sebelumnya.” Dan kami mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dalam penyajian di kegiatan Festival 1 Muharram 1441 H ini.” Pungkasnya.

Hampir senada, Irwandi, MSi selaku Sekretaris Daerah Tanah Datar mewakili Bupati Tanah Datar juga menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya festival 1 Muharram 1441 H se Kabupaten Tanah Datar.” Kegiatan yang di mulai pada tanggal 16 sampai 21 september 2019, malam ini kita tutup secara resmi. Terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak pihak yang terkait dalam penyelenggaraan kegiatan ini hingga berlangsung dengan sukses. Kegiatan ini untuk yang kedua kalinya kita laksanakan dan menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Berawal dari kegalauan kita atas sepinya kegiatan 1 Muharram yang merupakan tahun baru islam bila dibandingkan dengan meriahnya peringatan serupa untuk tahun baru masehi, maka berdasarkan hal tersebut kami menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk merancang kegiatan kegiatan yang menyambut tahun baru islam setiap tahunnya sehingga tahun baru islam bisa dilaksnakan dengan meriah dibandingkan dengan tahun baru masehi. Dan hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya festival Muharram,” tutur Irwandi. Selain itu, pemerintah daerah jug berharap kegiatan festival Muharram ini di kolaborasikan dengan kegiatan yang ada di OPD lainnya. Dan masukkan dari kami, kalau bisa tahun depan libatkan pihak nagari nagari untuk ikut berkontribusi dengan adanya perwakilan nagari dalam festival Muharram ini, imbuh Irwandi.

BACA JUGA  Jon Firman pandu Pimpinan DPRD kabupaten Solok

Berakhirnya kegiatan penutupan festival 1 Muharram 1441 H ini di tandai oleh pemukulan gong yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah mewakili Bupati Tanah Datar, dan acara ini di hadiri oleh hampir seluruh OPD yang ada di Kabupaten Tanah Datar, masyarakat serta penyerahan reward dan piagam kepada para pemenang lomba, yang diiringi oleh Laga Suara Comunity Batusanka Ansamble, dimana personilnya rata rata jebolan dari Institute Seni Indonesia Padang Panjang dan IAIN Batusangkar…..(Dwi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini