by

Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat, Polda Metro Jaya Luncurkan Mobil SKCK Online Keliling

Porosnusantara.co.id, Jakarta – Bertempat di gedung promoter kompleks Polda Metro Jaya rabu 21 agustus 2019 kapolda metro jaya Dr Gatot eddy pramono di dampingi menpan RB Syafrudin, ketua ombusman RI Amzulian Rifai, Direktur hubungan kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar beserta kapolres terkait di bawah polda metro jaya membuat sebuah terobosan pelayanan dengan meluncurkan mobil unit pelayanan skck keliling serta aplikasi pelayanan yang berbasis teknologi,yang bertujuan sebagai bank data informasi yang akan di jadikan bahan analisadalam mengambil sebuah keputusan. Aplikasi tersebut akan memuat tentang informasi harga pangan, pendataan senjata api serta kegiatan masyarakat dan aksi unjuk rasa, hal ini merupakan bagian dari 11 prioritas Kapolri untuk memberikan pelayanan berbasis IT.

BACA JUGA  DPD II PARTAI GOLKAR KAB.PASAMAN DI LANTIK, "GOLKAR PASAMAN MENDUKUNG PEMERINTAH"

Untuk sementara layanan skck online baru di terapkan di 3 polres yaitu polres tanjung priuk, polres tanggerang kota, dan bekasi kota. ” kita baru ada 3 mobil, kedepan kita akan perbanyak jumlah ini”, ujar Gatot

Kapolda menjelaskan ini merupakan bagian dari komitmen PMJ mewujudkan pemerintahan yang bersih ( clean government) dan tata kelola pemerintahan yang baik ( Good government) serta pelayanan publik yang maksimal sehingga meminimalisir potensi kerawanan yang bisa di manfaatkan olek oknum tertentu sebagai pungli. Wilayah operasional mobil skck ini akan di tentukan polres polres terkait yang bisa masyarakat dapatkan infonya melalui tmc polda metro jaya, Mobil SKCK ini akan memudahkan masyarakat untuk memperpanjang ataupun membuat SKCK baru, tentunya masyarakat tetap harus membawa syarat yang berlaku.

BACA JUGA  PEGAWAI KEMENAG KOTA SAWAHLUNTO IKUTI SELEKSI REKRUTMEN PETUGAS HAJI

Sesuai dengan pasal 9 peraturan KAPOLRI nomor 18 tahun 2014 tentang tata cara penerbitan surat keterangan catatan kepolisian, bahwa pemohon mendaftar dan menyerahkan persyaratan pada loket yang telah di sediakan dengan menunjukan dokumen asli atau di kirim secara online melalui sarana elektronik. Persyaratan tersebut meliputi fotokopi KTP, KK, Akta Lahir, fotokopi kartu identitas lainnya bagi yang belum memenuhi syarat mendapatkan KTP dan pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Direktur hubungan lembaga Bank mandiri Alexandra menjelaskan hibah 3 mobil ini sebagai bentuk kontribusi dan dujungan Bank Mandiri kepada Polda metro jaya dalam mewujudkan kemudahan layanan yang berkualitas bagi Masyarakat.
Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai menyambut baik dan mensupport upaya Polri melakukan inovasi dalam pelayanan publik dan berharap Polda Metro Jaya dapat menjadi contoh lembaga lain dalam memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA  KPK Tahan 6 Tersangka Kasus Suap Impor Bawang, Termasuk Dhamantra

Menpan Rb Syafrudin juga berterimakasih dengan polda metro jaya yang sudah maju terus,”ini cukup menyentuh, banyak keluhan publik tentang SKCK dan adanya SKCK keliling bisa menampung keluhan masyarakat, saya sangat apresiasi ke PMJ dan satu pesan saya interkoneksi harus betul betul di jaga,” tutupnya. (Dwi Cahyono)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini