by

PSM Juara ,Setelah Hantam Persija 2-0 (Agregat PSM 2 VS Persija 1) Leg II Final Kratingdaeng Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta

 

Makassar Sulsel, Porosnusantara.co.id  PSM Makassar akhirnya keluar sebagai champion Piala Indonesia 2018/2019 setelah 19 tahun lamanya baru juara. PSM mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 di leg kedua final (agregat 2-1).

Final Piala Indonesia berlangsung dua leg. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, 21 Juli 2019, Persija unggul 1-0 atas PSM lewat gol Ryuji Utomo.

Di leg kedua yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8), PSM berbalik menang 2-0. Gol dicetak Aaron Evans dan Zulham Zamrun.

Dengan kemenangan ini,akhirnya Pasukan Juku Eja (PSM Makassar) berhak mengangkat tropi Piala Indonesia 2018/2019 plus Uang Rp.3 Milyar di hadapan Gubernur Prof Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaeman disaksikan para suporter di Stadion Andi Mattalatta ,Makassar (6/8/2018).

Sementara Persija Jakarta harus puas serta legowo jadi runner up dengan hadiah uang Rp.2 Milyar dan Madura fc juara ke tiga mendapatkan uang Rp 500 juta.

Pemain PSM juga memborong trofi pemain terbaik serta pencetak gol terbanyak.Asnawi Mangkualam pemain muda PSM dinobatkan sebagai best young player berhak dengan uang pembinaan Rp.75 juta,sementara top scor Piala Indonesia dengan 10 gol dan best player Piala Indonesia 2018/2019 di borong Zulham Zamrud berhak uang Rp.150 juta di tambah sepatu emas .

BACA JUGA  PEMERINTAH MULAI PETAKAN KEKUATAN KONTINGEN INDONESIA PADA ASIAN GAMES KE 18

Proses jalanya pertandingan final leg kedua PSM Makasar vs Persija Jakarta sore tadi berjalan lancar.

PSM, yang tertinggal agregat 0-1 dari leg pertama, langsung unggul atas Persija di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8/2019). Aaron Evans nomor punggung 4 membawa tuan rumah memimpin 1-0 di menit ketiga, memanfaatkan tendangan sudut Wiljam Pluim dengan sundulan kepala gagal di halau Andritany Ardhiyasa ,kiper Persija.

Setelah tertinggal, Persija berusaha menekan. Namun lini belakang PSM sangat rapat membuat tim ibu kota itu kesulitan memasuki wilayah pertahanan lawan.

Pada menit ke-12, kembali PSM nyaris mencetak gol keduanya. Kerja sama dengan Ferdinand Sinaga, Beny Wahyudi bisa menembus benteng barisan pertahanan Persija dan berhadapan dengan Andritany, akan tetapi upayanya bisa ditepis kiper lawan tersebut.

Persija baru bisa mengancam dimenit ke-23. Novri Setiawan mencuri bola penguasaan Evans di sisi kanan, langsung mengirimnya ke tengah. Simic menyambutnya dengan sundulan, namun bola masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang PSM.

BACA JUGA  Kementerian Pertanian Adakan Rapat Kordinasi Mitigasi dan Adaptasi Kekeringan

Upaya Persija mengejar ketertinggalan kian berat. Di menit ke-32, Sandi Sute pemain gelandang , terpaksa diusir wasit Fariq Hitba karena melakukan tekel keras kepada Wiljam Pluim. Sandi Sute menerima kartu kuning kedua sehingga Persija harus bermain dengan 10 orang.

Persija terpaksa harus melakukan pergantian pemain Bruno Matos keluar dan Maman Abdurrahman di masukkan

PSM unggul jumlah pemain, Persija semakin tertekan. Di menit ke-35, Asnawi Mangkualam melesatkan tendangan dari luar kotak penalti, yang tipis saja melenceng ke kiri dari gawang Persija.

Di sisa waktu pertandingan, PSM banyak menekan namun gagal menciptakan gol tambahan. PSM pun tetap hanya unggul 1-0 atas Persija di babak pertama, dan agregat sementara menjadi 1-1.

Sandi Sute mendapatkan kartu kuning kedua lantaran melanggar kapten PSM, Wiljan Pluim.

Walhasil, Persija harus melakukan pergantian dengan menarik ke luar Bruno Matos dan memasukkan Maman Abdurrahman.

Pada babak kedua, tepat menit 49 babak kedua, Zulham Zamrun mencetak gol kedua untuk PSM.Zulham berhasil meneruskan umpan lambung dari Aaron Evans dan membuat PSM unggul 2-0.Pada pertengahan babak kedua, Persija memasukkan Bambang Pamungkas dan Ramdani Lestaluhu untuk meningkatkan kualitas penyerangan.

BACA JUGA  Enter Indonesia Raih Banyak Penghargaan

Pada menit ke-87, Persija memiliki peluang emas lewat sundulan Marko Simic.Namun, masih mampu ditepis oleh kiper PSM, Rivky Mokodompit, hingga wasit meniup peluit akhir babak kedua.

Skor 2-0 untuk kemenangan PSM Makassar atas Persija mengakhiri jalannya pertandingan leg kedua final Piala Indonesia 2018/2019

Dengan begitu, PSM berhak menjadi juara Champions Piala Indonesia 2018/2019.

Susunan Pemain sebagai berikut:

PSM Makassar (4-3-3)
Pelatih: Darije Kalezic

20-Rivky Mokodompit;
14-Asnawi Mangkualam,4-Aaron Evans,
28-Abdul Rahman,
32-Beny Wahyudi;
18-Muhammad Arfan (17-Rasyid Bakrie 90+1′),
19-Rizky Pellu,
80-Wiljan Pluim;
6-Ferdinand sinaga,
39-Guy Junior (7-Zulham Zamrun 19′),
11-M Rahmat

Persija Jakarta (4-3-3): Pelatih: Julio Banuelos

26-Andritany Ardhiyasa;
14-Ismed Sofyan,
16-Tony Sucipto (7-Ramdani Lestaluhu),
4-Ryuji Utomo,
28-Rezaldi Hehanussa;
32-Rohit Chand,
45-Sandi
10-Bruno Matos (6-Maman Abdurrahman 35′);
25-Riko Simanjuntak (20-Bambang Pamungkas 64′),
9-Marko Simic,
11-Novri Setiawan.
(Nrulf@ik@/bust)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini