by

TINGKATKAN PEMBINAAN KETRAMPILAN MASYARAKAT,NAGARI PASIE LAWEH GELAR PELATIHAN SULAMAN BENANG EMAS KEPALO SAMEK

Porosnusantara.co.id – Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat selain melakukan program Pembangunan Fisik/Infrastruktur juga melakukan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Pedidikan dan Pelatihan.Pendidikan dan Pelatihan diberikan untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat sehingga diharapkan nantnya masyarakat memiliki bekal untuk menjalankan kehidupannya dalam menopang perekonomian sehari-hari dan lebih luas lagi bisa membuka lapangan kerja sendiri.Dengan demikian angka pengangguran dan tingkat kemiskinan bisa dikurangi secara bertahap.

BACA JUGA  Kementan Apresiasi Peran Paravetindo Dalam Mendukung Keberhasilan UPSUS SIWAB

Kenagarian Pasie Laweh,Kecamatan Sungai Tarab,Kabupaten Tanah Datar menggelar Pelatihan Sulaman Benang Emas Kepalo Samek yang dilaksanakan kurang lebih selama 25 hari sejak mulai tanggal 15 Juli 2019 sampai tgl 16 Agustus 2019 mendatang.Setelah sebelumnya juga diadakan Pelatihan Alur Pedambahan,yang merupakan Pemberdayaan Masyarakat di bidang Adat.

Pelatihan Alur Padambahan sebelumnya dikuti peserta sebanyak 10 orang dengan narasumber antara lain yaitu Erianto,Joni Ashar Sutan Rajo Lauik dan Nazirwan Ktb.Sutan yang sekaligus merupakan Ketua KAN Pasie Laweh.

BACA JUGA  Upacara HUT Kabupaten Pelalawan ke-20 Tahun 2019

Sementara Pelatihan Sulaman Benang Emas Kepalo Samek kali ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari kaum remaja Putri serta Ibu-ibu Nagari Pasie Laweh.

Menurut keterangan Wali Nagari Muktar Kiman kepada Tim HuluNews ,Kamis 01 Agusts 2019 kemaren,pelatihan tersebut dibiayai yang menggunakan Dana ADD dan  mendatangkan pelatih Upik Bintang dari Sungayang.

BACA JUGA  Manfaatkan Ruang Untuk Kegiatan Investasi

Mukthar Kiman berharap selepas menjalani pelatihan tersebut para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dalam kehidupannya sehari-hari minimal untuk dirinya sendiri dan lebih lanjut dapat mengembangkan ilmu dan ketrampilannya sehingga bisa menjadi ladang modal untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka. (Z.Z.Dt.Malako)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini