by

Pengelolaan Bank Sampah & 3R Untuk Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Persampahan

Porosnusantara.co.id – Permasalahan sampah memang sangat pelik. Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Perkim & Lingkungan Hidupnya telah berupaya dari tahun tahun sebelumnya untuk memanfaatkan sampah ini menjadi ekonomi kreatif melalui metode pengolahan limbah sampah dengan alat yang bernama Bank Sampah. Melalui pelatihan dan sosialisasi seperti yang dilaksanakan di Nagari Padang Laweh, Malalo kec. Batipuh Selatan kab. Tanah Datar, 16/7 cukup di minati peserta yang hadir. Seperti yang disampaikan Akhyari, Walinagari Padang Laweh melalui kata sambutannya di acara pembukaan, pelatihan Bank Sampah ini merupakan solusi yang tepat bagi ibu ibu rumah tangga serta masyarakat kami dalam mengatasi masalah sampah.”

Ini juga bertepatan sekali dengan giat kita pembersihan pinggir danau singkarak kemaren . Nagari sudah menganggaran juga untuk pelatihan pengolahan sampah dimana kami bekerjasama dengan Dinas LH untuk melakukan bintek tentang pengolahan sampah di Nagari Padang Laweh. Dan sekarang dorong masyarat nagari telah bersedia untuk di bentuk Bank sampah atas kepedulian terhadap lingkungan . Mudah mudahan dengan adanya bintek ini masyarat betul betul memahami tentang pentingnya menjaga lingkungan. Dan dengan adanya bank sampah di Nagari Padang Laweh, menurut saya itu solusi yg paling tepat.” Tutur Akhyari.

Afrizaldi Noerdin, ketua Posyantek Maju Bersama Kec Rambatan Kab Tanah Datar provinsi Sumatera Barat, selaku narasumber menambahkan bahwa dengan teknologi tepat guna Tong penghancur Sampah organik, ” Topsor kita gunanya untuk menuntaskan sampah rumah tangga kita, Topsor sebagai penyumbang pengendalian dan penuntasan sampah rumah tangga. Inovasi ini telah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumatera barat serta layak dan tepat untuk diterapkan ditengah masyarakat, mengingat belum adanya teknologi yg tepat dan praktis untuk penanganan Sampah rumah tangga, semoga dg kegiatan ini lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah.” Ucap Rizaldi. Terimakasih kepada Kepala Dinas Perkim LH Kabupaten Tanah Datar, dengan adanya pembinaan dan pendampingan yang berkelanjutan untuk penerapan TTG tong penghancur Sampah organik Topsor ini kepada seluruh masyarakat kabupaten tanah datar, serta pemerintahan Nagari Padang Laweh serta masyarakatnya, pungkas Rizaldi…..(Dwi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini