by

LPM-KOTA SAWAHLUNTO STUDY KOMPERATIF KE WONOSOBO

Porosnusantara.co.id – Dalam rangka pengembangan Wawasan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) baik ditingkat DPD LPM Kota ,DPC LPM Kecamatan ataupun LPM Desa dan Kelurahan , LPM se-kota Sawahlunto Mengikuti Study Komperatif ke Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah sebagai salah satu penerima Kepala Daerah Inovatif (KDI) tentang kegiatan inovasi Ekonomi Kreatif / Kerakyatan Pada tanggal 3 Juli – 6 Juli 2019, hal ini sebagai referensi dan pembanding dalam pelaksanaan tugas di lapangan bagi masing-masing LPM.

Rombongan Study Komperatif LPM Kota Sawah Lunto yang berjumlah 58 orang itu dipimpin langsung oleh kepala Dinas Sosial PMD PPA Kota Sawahlunto Dedi Syahendry.S.STP, M.Si dan ketua DPD LPM Kota Sawahlunto Nurilman yang didampingi oleh Kabid PM Dinsos PMD PPA Saprison STP.MM, Camat Kecamatan Lembah Segar Apriandes S.Pd, Camat Kecamatan Barangin Zainul Anwar , Bsc, Camat Kecamatan Talawi Drs.Wan Iklas serta sepuluh kepala Kelurahan dikota Sawahlunto diterima oleh Bupati Kabupaten Wonosobo yang diwakili oleh Kabag umum / Humas Drs. Suwito, kabag perekonomian Dra.Siti Nuriyah, M.Si dan 15 orang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Wonosobo.

Dalam sambutannya Drs Suwito menyampaikan, Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu wilayah pegunungan di Jawa Tengah yang memiliki multi potensi, khususnya dibidang pertanian , pariwisata dan perekonomian kerakyatan . Secara administratif Kabupaten Wonosobo terdiri dari 15 Kecamatan , 236 Desa dan 29 Kelurahan , Luas Wilayah 98,468 hektar dengan jumlah penduduk 878,611 jiwa. Dimana setiap wilayah memiliki produk-produk unggulan khas masing-masing dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat. Wonosobo juga diibaratkan sebagai Mutiara Terpendam dan ada juga mengatakan Wonosobo bagaikan Negeri Diawan , pungkas Suwito.

Lebih lanjut Suwito mengatakan di Kabupaten Wonosobo telah berdiri 101 BUMDes dengan beberapa bentuk kegiatan, seperti pasar desa, kelompok usaha bersama ,desa wisata maupun usaha ekonomi lainnya dan setiap kegiatan selalu melibatkan LPM.

Sebagai daerah yang Pro Inovasi, tentunya banyak hal yang menjadi fokus perhatian agar pembangunan investasi berjalan lanjar, termasuk dibidang kepariwisataan dapat terselenggara secara optimal dan progresif , yakni antara lain dengan prosedur perizinan yang cepat dan terpadu, insfrastruktur yang mendukung dan keamanan yang terjamin tutur Suwirto.

Diakhir kunjungan LPM Kota Sawahlunto melalui Kepala Dinas Sosial PMD PPA Dedi Syahendry.S,STP.M.Si menyerahkan Cinderamata yang terbuat dari batubara dan sehelai songket yang diterima langsung oleh Kabag umum Kabupaten Wonosobo Drs. Suwito. (AN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini