by

Wakil Walikota Zohirin Sayuti Pimpin Rapat Dengan OPD Bahas World Heritage

Porosnusantara.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Sawahlunto melakukan rapat antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna menindaklanjuti status warisan budaya dunia (world heritage) yang diberikan UNESCO kepada ‘Kota Arang’ tersebut. Dalam rapat yang dipimpin Wakil Walikota Zohirin Sayuti di Balaikota, pada Kamis 11 Juli 2019 itu dibahas sejumlah isu terkait seperti apa langkah ke depan yang akan ditempuh Pemko dalam menjaga maupun meningkatkan pariwisata heritage di kota berusia 131 tahun itu.

Dalam arahannya saat membuka rapat itu, Wakil Walikota Zohirin Sayuti meminta jajaran pemerintahannya untuk mencermati bagaimana dukungan kebijakan maupun infrastruktur yang menunjang pariwisata Sawahlunto. Zohirin turut menekankan agar masyarakat dapat diberikan informasi yang lengkap tentang world heritage, dengan itu masyarakat dapat satu visi satu pandangan dengan Pemko sehingga dapat pula berperan serta mendukung world heritage Ombilin Sawahlunto tersebut.

“Dukungan masyarakat tentu adalah dukungan yang sangat strategis, sehingga dalam menindaklanjuti hal ini, kita mutlak bergandengan tangan dengan masyarakat. Sebab itu, maka sudah saatnya kita memberikan pemahaman, sosialisasi tentang kota warisan dunia ini kepada warga. Sehingga ada kesamaan visi, jadi nanti kita bersama – sama berkontribusi mendukung world heritage di kota kita tercinta ini,” ujar mantan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto itu.

Diungkapkan Zohirin, nantinya tindak lanjut seperti penataan kawasan kota tua untuk mendukung terciptanya suasana heritage yang nyaman dan sesuai estetika, maka sangat butuh kerjasama dengan warga setempat.

Tak hanya itu, Zohirin juga mengajak jajaran pemerintahannya untuk meningkatkan intensitas komunikasi dengan para ahli/pakar terkait untuk berkonsultasi langkah apa yang patut dilaksanakan dalam mendukung worl heritage ini.

“Tidak bisa hanya kita yang kerjakan semua. Butuh arahan, konsultasi dari ahli profesional yang mumpuni agar apa yang dikerjakan benar – benar matang. Mari tingkatkan lagi jalinan komunikasi kita dengan para pakar yang sedari dahulu juga sudah banyak membantu untuk mengusulkan warisan dunia Ombilin Sawahlunto ke UNESCO,” kata Zohirin.

Dalam kesempatan yang sama, Zohirin turut meminta agar Dinas terkait dalam rangka syukuran ditetapkannya Ombilin Sawahlunto sebagai world heritage agar bisa menyelenggarakan seminar terkait pengelolaan destinasi kota warisan dunia.

Karena, kata Zohirin, dalam pariwisata heritage ini, yang ditonjolkan adalah sisi edukasi/informasi. Sehingga Zohirin juga mengajak agar warna – warni sejarah tambang dan budaya di ‘Kota Arang’ hendaknya mendapat perhatian lebih.

“Agar pelaksanaan teknis hal ini berjalan segera dan jelas kerjanya, saya instruksikan dalam minggu ini sudah dibentuk semacam tim kecil untuk mengurus dan mengelola hal ini,” pungkas Zohirin Sayuti. (Yanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini