oleh

Dirjen PPRPT Kembangkan Potensi Pegawai Melalui Asesmen

Porosnusantara.co.id – Direktorat Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah (PPRPT) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan proses asesmen sebagai salah satu program Reformasi Birokrasi di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Sebagai suatu metode penilaian yang berbasis perilaku dan melibatkan beragam teknik evaluasi, termasuk menggunakan bermacam alat ukur, Asesmen dinilai sebagai suatu sistem yang memiliki akurasi yang cukup tinggi dalam menilai kompetensi pegawai dan hasilnya diharapkan dapat memberikan informasi yang objektif mengenai profil kompetensi pegawai.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjamin kelancaran pelaksanaan tugas pemerintah melalui profesionalisme aparatur dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sangat berkaitan dengan kompetensi maka perlu dikembangkan Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi. Pada era reformasi, keterbukaan dan transparansi, di mana prinsip-prinsip akuntabilitas dijunjung tinggi, dibutuhkan suatu sistem pengukuran kompetensi yang cukup _fair_ atau objektif sehingga bisa diterima oleh organisasi, pimpinan organisasi maupun sumber daya manusianya.

BACA JUGA  PEPE FRIDAY PARTY FEATURES ARTWORK BY @MUKLAY

Andi Renald selaku Sekretaris Direktorat Jenderal PPRPT saat membuka _Assesment_ Pejabat Administrator di Jakarta (25/4) mengatakan, potret diri pegawai nantinya akan tergambar secara jelas dan utuh dalam asesmen ini. “Peserta harus mengikuti semua pelaksanaan asesmen ini dengan baik untuk dapat memetakan potensi dan kompetensi sehingga penempatan pegawai sesuai dengan bakat, _passion_ dan kompetensinya _(Job Best Fit)_ serta tidak terjadi _miss-match_ penempatan pegawai,” ujarnya.

BACA JUGA  Dampak Demo Berkelanjutan, Perekonomian Indonesia Melemah

“Ke depannya nanti kita dapat melakukan tugas dengan amanah, apa yang bisa dilakukan, lakukanlah dengan potensi terbaik anda,” tegas Andi Renald menutup sambutannya.

Sejalan yang disampaikan Andi Renald, Gantini sebagai perwakilan dari Tim Psikolog menambahkan, asesmen ini dilaksanakan dalam upaya pengumpulan data objektif pegawai sehingga nantinya akan mudah dalam penempatan pegawai, pengembangan dan promosi jabatan.

Asesmen merupakan salah satu metode pengambilan data profil pegawai yang berkaitan dengan kemampuan intelektual, emosi, sosial dan kepemimpinan. Adapun pola pengambilan datanya mengunakan alat ukur psikotes yang sudah terstandardisasi menggunakan norma Indonesia dan ditambah dengan permainan _Point of You (POY)_ sebagai pelengkap data.

BACA JUGA  Pupuk Sangat Cukup, Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi.

Penyelenggaraan Pemetaan Profil Pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal PPRPT tahun 2019 diikuti oleh 56 peserta terdiri dari 18 orang Pejabat Administrator dan 38 Pejabat Pengawas. Pemetaan profil pegawai tersebut dibagi ke dalam 3 (tiga) angkatan, di mana masing-masing terdiri sekitar 19 orang selama 2 (dua) hari dengan waktu pelaksanaan tanggal 25-26 April 2019, 29-30 April 2019 dan 2-3 Mei 2019. Lokasi pelaksanaan angkatan I sampai III berada di Hotel Ambhara, Jakarta. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini