by

Tingkat Partisipasi Masyarakat Kota Sawahlunto untuk Mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) Terpantau Cukup Tinggi

Porosnusantara.co.id, Sawahlunto – Sampai menjelang tengah hari ini, Rabu 17 April 2019 tingkat partisipasi masyarakat Kota Sawahlunto untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) terpantau cukup tinggi, dengan berkisar pada rata – rata 80 sampai 85 persen. Setidaknya hal itu terlihat pada 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 4 Kecamatan di ‘Kota Arang’ yang dikunjungi oleh Walikota Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Di setiap TPS yang dikunjungi, tim memantau untuk mengetahui berapa jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan berapa jumlah pemilih yang telah selesai memilih, kemudian juga berkoordinasi untuk mengetahui apakah ada persoalan atau kendala yang dihadapi pihak penyelenggara Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Dari ke – 12 TPS yang dikunjungi, disebutkan Walikota Deri Asta, tidak ditemukan adanya kendala dalam penyelenggaraan.

“Alhamdulillah, sepanjang pemantauan kita di 12 TPS tadi, tidak ada masalah, tidak ditemukan kendala yang cukup berarti. Kalau pun ada, itu bersifat kecil, tidak berpengaruh dan bisa disikapi langsung oleh KPPS setempat,” sebut Deri Asta seusai mengunjungi TPS – TPS tersebut, Rabu 17 April 2019.

Pun untuk kerawanan konflik yang timbul karena gesekan perbedaan pilihan dan lainnya, terpantau tidak ada.

“Masyarakat kita bagus ini, sudah berdemokrasi dengan dewasa dan bijaksana. Tidak terlihat adanya gesekan kalau pun ada perbedaan pilihan. Memang ini harapan dan yang kita jaga bersama. Silahturrahmi harus tetap diutamakan,” ujar Deri.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Deri Asta mengapresiasi tingginya tingkat partisipasi masyarakat ‘Kota Arang’ dalam memberikan hak suara mereka di Pemilu ini.

“Atas nama pemerintah, kami apresiasi dan berterimakasih kepada semua masyarakat kita yang telah mendukung proses demokrasi kita dengan memberikan hak pilihnya dalam Pemilu ini. Berpatokan pada tingginya angka partisipasi pada 12 TPS yang kita kunjungi tadi, kita berharap di seluruh TPS di Sawahlunto juga tinggi seperti itu,” kata Deri.

Ditambahkan Deri, memang diharapkan untuk Pemilu ini angka partisipasi pemilih dapat meningkat. Yang jelas ditargetkan melampaui angka partisipasi pemilih di Pemilihan Walikota (Pilwako) tahun 2018 lalu yang baru menyentuh angka 77 persen.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sawahlunto, AKBP. Zamroni Wibowo bersama Komandan Distrik Militer (Kodim) 0310 Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya (SSD), Letkol Dwi Putranto mengatakan bahwa situasi dan kondisi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam Pemilu berada dalam status aman terkendali.

“Sampai sekarang aman terkendali ya, kita harap aman terus sampai Pemilu ini selesai dengan baik. Tentunya personel Polri, juga dibantu TNI tetap siaga di TPS – TPS untuk mengawal dan memberikan rasa aman pada masyarakat dalam memberikan hak pilihnya. Sesuai prosedur, untuk setiap TPS kita sudah tempatkan 1 orang personel, untuk TPS rawan ditambah personelnya, sementara personel cadangan yang siap stand by sewaktu diperlukan juga sudah siap. Tapi ya kita lihat untuk di Sawahlunto kita Pemilu itu aman terkendali tenang dan silahturrahmi masyarakat tetap terjaga. Itu yang bagus. Jangan sampai terjadi gesekan,” kata Zamroni.

Unsur Forkopimda lainnya yang mengikuti pemantauan tersebut yakni ; Kepala Kejaksaan Negeri Sawahlunto, Khunaifi Alhumami dan Ketua Pengadilan Negeri Sawahlunto, Nasri. Dari unsur Pemerintah Kota (Pemko) terlihat Sekretaris Daerah (Sekda) Rovanly Abdams dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik – Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol – PBD) Adriyusman beserta beberapa unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya. (Yanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini