by

KSP CU Serviam Target Keanggotaan 2019 Bisa Capai 40.000 Orang

KUPANG.POROS NUSANTARA -Manajemen KSP CU Serviam, di Kota Kupang, NTT optimis dalam memasuki usia ke 34 saat ini, target keanggotaan di tahun 2019  bisa mencapai 40.000 orang dari yang ada sekarang 29.000 orang. Selain itu target aset tahun 2019 ini bisa mencapai Rp 275 miliar dari yang ada sekarang hingga bulan Desember 2018 Rp 213 miliar dengan kenaikan 62 miliar, pertumbuhan 29- 30 persen.Rasa optimis ini karena pola pendekatan berupa ikatan emosional dan kekeluargaan menjadi kunci utama yang siap diterapkan.
General Manager KSP CU Serviam, Benediktus Seran, S.H menyampaikan hal ini disela-sela kegiatan Rapat  Anggota Tahunan (RAT) ke 33 KSP Credit Union Serviam tahun buku 2018 bertempat di Neo Aston Hotel Kupang, Minggu (24/2/2019). Kegiatan ini mengambil tema : “Meningkatkan kecerdasan dalam berinvestasi menuju masa depan anggota dan keluarga yang bahagia”.
IMG-20190225-WA0001Benediktus menjelaskan, di tengah persaingan pertumbuhan koperasi di NTT khususnya di Kota Kupang, pihaknya sama sekali tidak terlalu kuatir. Hal ini karena pihaknya punya strategi untuk mendekatkan pelayanan dengan anggota. Pola yang diterapkan adalah membangun ikatan emosional dengan anggota dan bukan sekedar slogan semata.
“Saya sangat optimis karena kita terapkan pola pendekatan emosional dan kekeluargaan. Ini bukan slogan  tapi sudah diwujudkan melalui keberpihakan pada anggota yang ditunjukan dengan kehadiran tempat pelayanan yang semakin banyak. Anggota juga semakin banyak sehingga pendekatan dengan menghadirkan  tempat pelayanan sudah kita lakukan,” jelasnya.
Menurutnya,  terkait persaingan antar lembaga koperasi  bukan soal bagus atau tidak bagus, tapi kualitas membangun ikatan emosional dan ikatan kekeluargaan bersama anggota jauh lebih penting.
Pihaknya akan berusaha meningkatkan hubungan emosional dengan anggota, bukan cuma uang yang menjadi skala utama perhatian saja, tapi  juga membangun ide- ide kecil buat warga agar bisa berubah.
“Jadi bukan kita hanya kumpulkan uang semata di anggota tapi minimal berubah pola pikir warga untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi yang sudah mereka jalankan baik sektor pertanian dan peternakan. Kita juga buat ide kreatif lain dengan mencoba bangun kemitraan dengan lembaga  yang profesional dalam bidangnya agar membagi pengalaman buat anggota kita,” kata Benediktus.
Menyinggung soal KSP CU Serviam yang sudah memasuki usia ke 34 tahun ini, Benediktus mengatakan, Koperasi merupakan lembaga yang bertugas mengamankan hasil produksi anggota berupa uang simpanan. Pada usia  ke 34 ini, pihaknya dituntut untuk bekerja lebih keras dalam hal peningkatan anggota dan aset. Untuk tahun 2018 pertumbuhan anggota 37 persen, peningkatan aset 29 – 30 persen jika dibandingkan tahun 2017. Ini sesungguhnya belum maksimal sebagaimana yang direncanakan dan diharapkan pada tahun 2019 ini target pencapaian anggota paling sedikit 40.000 dari total sekarang 29.000 dengan aset hingga bulan Desember Rp 213 miliar dengan kenaikan 62 miliar menjadi Rp 275 miliar.  Target pertumbuhan sekitar 60 persen harus dikejar oleh pengurus yang ada sekarang.
“Saya sangat optimis dengan RAT sistem perwakilan sekarang justru sangat  membantu kita. Mereka akan  menjadi inspirasi dan motivator untuk ajak kerabat atau kenalannya bergabung di koperasi ini. Saya optimis target anggota 40 ribu bisa  diraih,” katanya.
Diapun menyampaikan bahwa periodisasi kepengurusan periode 2016-2018 berakhir tanggal 24 Februari dan  diganti dengan pengurus baru periode 2019-2021. Adapun reposisi susunan pengurus KSP CU Serviam periode 2019-2021 yakni Penasehat, Drs. Khayus Geleteng Hurek Making, Ir. Jhon GF Seran,MM, RD Mikhael Valens Boy, Pr,Lic.Bib. Pengurus : Ketua, DR Wara Sabon Dominikus, M.Sc, Wakil Ketua I, Ludagardis Maria Dadi, S.Pt, Wakil Ketua II, Drs. Petrus Bulu Ngongo, MM, Sekertaris I, Drs. Bernardus Wato Ole, M.Si, Sekertaris II, Gabriel Nahak, Bendahara I, Bonevasius Tober, STP, MM, bendahara II, Drs. Hendrikus Buang Gapun.  Pengawas : Blasius Naben, S.Pd, MM, Sekertaris Pengawas Fabianus Lawi,STP, anggota, Marselinus Mana, S.Mn.
“Harapan kita memang dengan pengurus baru ini kerja kita semakin lebih baik. Kita akan dorong teman-teman di tingkat cabang menjadi inspirator untuk mensosialisasikan keberadaan KSP CU Serviam sehingga mereka yang belum masuk bisa bergabung di koperasi ini,” harapnya.(ER).

BACA JUGA  Google Doodle Minarni Soedarjanto Ratunya Bulu Tangkis Indonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini