by

Jus Campuran Apel dan Anggur Efektif Cegah Penyakit Jantung

Porosnusantara.co.id, Jakarta – Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tahukah Anda, bahwa mengonsumsi jus buah ternyata efektif untuk pencegahan penyakit jantung. Simak ulasannya berikut.

54daa636605272bf1e9df57e9f444dcbPenyakit Jantung adalah istilah umum untuk penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah. Beberapa jenis penyakit jantung yang umum ditemukan di masyarakat adalah adalah jantung koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, sakit di dada (biasa disebut angina) dan masih banyak lagi. Penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Penyakit jantung terjadi bukan karena adanya bakteri yang dapat dihilangkan dengan meminum obat-obatan melainkan karena hal lain seperti gaya hidup, pola makan, usia atau keturunan.

Faktor utama  penyebab penyakit jantung adalah masalah gaya hidup. Pola hidup seseorang sangat berperan dalam meningkatkan risiko terkena serangan jantung, seperti tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, kebiasaan merokok, dan juga jarang berolahraga. Gaya hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh pada timbulnya timbunan plak dan lemak pada dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah tidak lancar. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga dapat memicu serangan jantung  Menurut Dr Budi Setianto dari Rumah Sakit Harapan Kita, sirkulasi darah yang baik dihasilkan oleh kerja sama antara jantung, darah, komponen-komponennya, serta pembuluh darah itu sendiri. Jika terjadi gangguan pada salah satu komponen itu,  sirkulasi darah akan terganggu. Akibatnya, suplai darah tidak mencukupi kebutuhan hingga dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gangguan fungsi organ tubuh lain. Untuk itu, peredaran darah yang lancar sangat penting bagi kesehatan kita.

Gejala serangan jantung pada setiap orang biasanya berbeda-beda. Akan tetapi ada beberapa gejala yang lebih spesifik yaitu rasa nyeri, sesak napas, kelelahan, palpitasi (jantung berdebar-debar), pusing dan pingsan.

Ahli Gizi dari Rumah Sakit Harum Sisma Medika Jakarta Timur, Selphiyarna, BSc, membenarkan  jika gejala serangan jantung pada setiap orang memang berbeda, oleh sebab itu kita wajib menjaga kesehatan organ tubuh dengan hidup yang teratur menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang berlemak dan memperbanyak makanan yang berserat tinggi, melakukan olahraga minimal 3 kali seminggu.

Berikut merupakan delapan langkah agar jantung tetap sehat:

  • Yang pertama, mengenalisis faktor risiko. Contohnya, harus mengetahui apakah ada anggota keluarga yang pernah mengalami serangan jantung atau memiliki riwayat penyakit jantung.
  • Kedua, mengonsumsi makanan sehat seperti sayur mayur, ikan segar dan buah-buahan.
  • Ketiga, apabila kegemukan, segera normalkan berat badan. Kegemukan menyebabkan pelepasan asam lemak bebas. Akibatnya seluruh hormon terganggu, tekanan darah menaik, dan banyak penyakit bakal mengikuti selain jantung.
  • Keempat, melakukan latihan fisik secara teratur.
  • Kelima, rutin mengecek  kolesterol dan tekanan darah secara teratur.
  • Keenam, Terapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok atau minuman keras. Merokok adalah salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular, juga penyakit-penyakit lain. American Medical Association menegaskan, berhenti merokok mengurangi risiko terkena serangan jantung. Selain itu meditasi, yoga, dan rekreasi bersama keluarga untuk merilekskan tubuh juga berfungsi baik untuk mencegah penyakit jantung.
  • Ketujuh, mengelola stres karena stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh gampang terinfeksi dan mudah kena serangan jantung.
  • Dan yang terakhir, jangan pernah mengabaikan pertanda antara lain, nyeri dada seperti terbakar, rasa penat di tulang punggung, leher, tangan, atau napas tersengal dan pendek.

Jus Buah Ampuh Cegah Penyakit. Untuk mengatasinya, pola makan yang seimbang perlu diterapkan. Contohnya dengan cara rajin mengonsumsi makanan berserat tinggi  yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan seperti alpukat, anggur, apel, berri dan jeruk. Tapi bukan berarti semua buah baik untuk penyakit jantung, buah nangka dan durian termasuk buah “terlarang’ bagi penderita jantung karena terlalu banyak mengandung gas.

Mengonsumsi buah-buahan jika dalam bentuk utuh seringkali memakan waktu lama dan teksturnya tidak halus seperti jus.  Jus buah ternyata memiliki banyak manfaat  bukan saja segar akan tetapi sangat baik bagi kesehatan termasuk mencegah penyakit pembuluh darah dan jantung. Sebuah penelitian terbaru mengindikasikan, mengonsumsi buah dalam bentuk jus atau sari buah, ternyata memberi khasiat lebih besar ketimbang memakannya dalam bentuk utuh buah tersebut.

Dr. Kelly Decorde dari Universitas Montpellier Prancis dan timnya melaporkan penelitian yang untuk pertama kalinya membuktikan bahwa mengolah buah menjadi jus atau sari buah berdampak penting bagi kesehatan. Selama ini menurut  Decorde, masyarakat kebanyakan mengonsumsi buah dalam bentuk olahan seperti jus, namun informasi mengenai komposisi nutrisinya hanya terbatas pada bentuk utuhnya. Hal ini telah diuji-coba pada buah apel, anggur dan jus buah apel, anggur. Hasilnya Apel dan anggur setelah dijus menurut kajian para peneliti memiliki kadar fenol yang sama, sementara jus anggur ungu memiliki phenol (kandungan antioksidan kuat pada buah) sebanyak 2,5 kali lebih banyak ketimbang jus apel. “Perlu diketahui, buah apel memiliki banyak sekali kandungan pektin, yaitu jenis serat yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, sedangkan pada buah anggur memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah, mencegah reaksi oksidasi kolesterol jahat, serta mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C dalam anggur juga dapat menetralkan radikal bebas,” tutur dr. Budi.

Jus buah  campuran anggur dan apel sangat bermanfaat untuk pencegahan penyakit jantung. Jenis antioksidan yang terkandung dalam jus buah apel dan anggur ungu terbukti bisa membantu melawan radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Phenol adalah antioksidan yang 10 kali memiliki efek lebih ampuh jika dibandingkan dengan manfaat Vitamin C dan E.

Menurut Selphi, terapi jus buah sangat baik untuk pencegahan penyakit jantung, karena banyak mengandung serat yang dapat melarutkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh bersama kotoran. Sebaiknya dilakukan sebagai pengganti cemilan. Dalam sehari jus buah ini baik dikonsumsi sebanyak 4 atau 5 kali. “Dalam mengonsumsi jus buah yang memiliki kadar Vitamin C sebaiknya tidak dicampur dengan susu, karena tidak bagus untuk  proses di dalam tubuh. Lebih baik dicampur dengan gula murni atau madu. Karena madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh,” kata Selphi.

Tidak sulit bukan, mencegah penyakit jantung untuk tidak menghampiri tubuh kita. Ayo tunggu apalagi, sehabis olahraga konsumsilah jus buah apel dan anggur yang segar untuk kesehatan tubuh. Segar rasanya banyak manfaatnya. (Mustar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini