by

KH Muridi, Mengurai Berkah melalui Pondok Pesantren

PorosNusantara, Purwakarta – Sebagian dari kita barangkali belum mengetahui bahwasanya meski dengan niatan saja untuk beramal namun tidak jadi mengamalkan karena suatu sebab, itu sudah bernilai pahala dan dicatat satu kebaikan. Bagaimana halnya, jika sampai diamalkan. Hal ini menunjukkan bahwa hendaklah kita bersemangat dalam kebaikan, bahkan bertekad kuat untuk melakukan banyak amalan sholih.

Dalam hadits qudsi dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, diriwayatkan dari Bukhari,

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ، ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً ، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ

“Sesungguhnya Allah mencatat berbagai keburukan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” (HR. Bukhari )

BACA JUGA  Kembangkan Potensi Ekspor Kopi Flores, Karantina Ende Siapkan Layanan Cepat

Kondisi tersebut dialami Kyai Haji Muridi, seorang pengusaha parfum alumnus Pesantren Sirajul Munir Jakarta yang memprakarsai pendirian Pondok Pesantren Nurul Ilmi pada 2013 silam di Desa Lebak Anyar Kecamatan Pasawahan Purwakarta, Jawa Barat. Kyai Haji Muridi yang berlatar belakang pengusaha parfum ini, terdorong niatnya untuk mendirikan pondok pesantren tahun itu.

KH Muridi
KH Muridi

Di saat meraih kesuksesannya, KH.Muridi tidak terpengaruh dengan gemerlapnya dunia. Ia pun mengurai niat dan impiannya untuk mendermakan penghasilanya dengan membangun masjid dan pondok pesantren. “Ini kan rejeki dari Allah. Pada anak yatim ini juga punya hak dari penghasilan saya. Namun saya pengen punya masjid dan pesantren”, ungkap KH Muridi ketika ditemui di Jakarta.

Pondok Pesantren bernama Nurul Ilmi itu, kini diisi  ratusan santri dan santriawati yang setiap hari menimba ilmu agama dan ilmu umum. Tak hanya itu, di sana pun diajari tambahan penetahuan tentang broadcast di bidang pertelevisian lokal. Lebih khusus lagi, stasiun televisi tersebut memang berada di lokasi pesantren sebagai sarana komonikasi antarsantri Nurul Ilmi sendiri.

BACA JUGA  Mentan SYL Perhatian Khusus Riset dan Teknologi Pertanian

KH Muridi berniat dan tergerak mendirikan pesantren agar santrinya kelak selalu mendoakannya dan membantu pendidikan, khususnya tentang pendidikan agama Islam. Pendirian Pondok Pesantren Nurul Ilmi adalah amanah dengan harta yang sudah dititipkan Allah kepadanya. Melalui pendirian pesantren, dia yakin harta amanah itu dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

WhatsApp Image 2019-01-11 at 19.31.01 (1)

Sistem pembelajaran di pondoknya menerapkan metoda tradisional dan modern. Dua cara ini digabungkan menjadi sistem pendidikan pondok pesantren yang diikuti para santrinya. Menunjang itu Kyai Muridi juga mendatangkan guru ngaji alumnus pesantren dari Lirboyo, Buntet, dan pesantren lainnya.

“Jadi nanti anak-anak kalau lulus dapat dua ijazah, ijazah sekolah dan pesantren. Lulus di sekolah belum tentu lulus di pesantren. Begitu pun sebaliknya,” tuturnya.

BACA JUGA  GUBERNUR INGATKAN INVESTOR JANGAN JUAL MIMPI DI NTT

Motivasi utama KH Muridi mendirikan pesantren adalah karena ingin didoakan para santrinya, baik ketika masih hidup di dunia apalagi kelak di alam akhirat. “Pertama kita ingin didoakan sama anak-anak santri ke depannya,” ungkap KH Muridi. Motivasi kedua, kata Kiai Muridi, agar saat ditanya pertanggungjawaban oleh Allah, alhamdulillah ia dipercaya dapat amanah harta, jadi dimanfaatkan untuk kebaikan masyarakat.

Malah kini KH Muridi sudah mengembangkan pondok pesantrennya dengan mendirikan pondok pesantren khusus penghafal Al Quran (Hafidz Quran) di Desa Tenjo. Kabupaten Bogor.

(*Ad)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini