Anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Seberangkan Orang Sakit Melintasi Sungai

  • Bagikan

KUPANG,POROS NUSANTARA – Anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL dari Yonif 743/PSY, Pos Turiscain (sektor Timur) tidak hanya bertugas mengamankan wilayah NKRI semata. Anggota TNI juga melakukan kegiatan teritorial bersama warga yang ditunjukan dengan membantu warga yang mengalami sakit parah  menyeberangi sungai di perbatasan RI-RDTL, Sabtu (26/5/2018).

Danpos Turiscain Sertu I. Made Dwi Arimbawa dalam laporannya melalui Bagian Penerangan Korem 161/Wira Sakti, dijelaskan,  pada Sabtu (26/5/2018), beberapa masyarakat Indonesia mendatangi Pos Turiscain untuk melaporkan diri kepada piket jaga sebelum menuju perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Mereka ke Timor Leste untuk menghantar saudari mereka bernama Maria (21) yang mengalami sakit berat untuk berobat secara tradisional di Timor Leste.

Menurut Made, dua anggota TNI Pos Turiscain yakni, Prajurit Satu Mustakim dan Prajurit Kepala Susiantara membantu menghantarkan Maria menyeberangi sungai bersama keluarga. Keluarga Maria dari Timor Leste sudah menunggu di perbatasan. Keluarga Maria dari RDTL menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI yang telah membantu menghantar saudari mereka sampai di perbatasan dengan cara mengendong.

Menurut Made, garis perbatasan boleh menjadi pemisah antara dua negara namun tidak akan memisahkan hubungan darah dan tali persaudaraan masyarakat di dalam negara tersebut. Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY, khususnya Pos Turiscain akan terus berupaya menegakkan aturan hukum di wilayah perbatasan tanpa menghilangkan rasa kemanusiaan.

(Laporan : Erni Amperawati)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *