by

Ekspor perikanan NTT Dukung Pertumbuhan Ekonomi NTT

KUPANG.POROSNUSANTARA – Badan Pusat Statistik (BPS) NTT merilis pertumbuhan ekonomi NTT khusus Triwulan I tahun 2018. BPS NTT mencatat tingkat pertumbuhan mencapai 5,19% atau lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada Tahun 2017 sebesar 5,08% (year on year). Salah satu sektor pendukung terutama pada nilai ekspor perikanan NTT pada Januari 2018 mengalami peningkatan. NTT Juga mulai melakukan ekspor Perdana cumi untuk memenuhi permintaan dari China pada Bulan Februari 2018.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, Maritje Pattiwaellapia, SE, M.Si, menyampaikan hal ini pada saat Konferensi Pers bersama wartawan di BPS NTT, Senin (7/5/ 2018).

Mengutip penjelasan Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto, melalui Teleconference bersama seluruh BPS seIndonesia dikatakan bahwa Pertumbuhan Ekonomi Nasional sebesar 5,06%. Diharapkan dengan adanya Bulan Ramadhan, Pilkada dan Asian Games dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Khusus pertumbuhan ekonomi NTT, jelasnya, tertinggi dicapai oleh lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 19,68%. Sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) yang bertumbuh sebesar 19,77%.

BACA JUGA  Menristekdikti Wacanakan Undang Rektor Dari Luar Negeri Pimpin PTN

Menurutnya, Ekonomi NTT Triwulan I 2018 mengalami kontraksi sebesar -5,11% dibandingkan dengan triwulan IV 2017 (q to q). Dari sisi lapangan Usaha, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan Usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 0,58% Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 1,05%.

BACA JUGA  BANTUAN AIR BERSIH DI DESA PAGENTERAN KEC PULO SARI KAB PEMALANG OLEH KAPOLRES PEMALANG Bpk AKBP AGUS SETIAWAN HERU PURNOMO SH

Pemicu pertumbuhan ekonomi NTT berdasarkan peristiwa Triwulan I 2018 diantaranya, pertama, Triwulan I beberapa Kabupaten sudah mulai panen tanaman pangan (padi dan Jagung di Manggarai Raya, Sumba, Ngada, Rote, TTS, TTU, Belu, Malaka dan Alor). Kedua, Harga Produk tanaman hortikultura mengalami lonjakan Baik dari petani Lokal maupun dari luar. Ketiga, Nilai Ekspor perikanan NTT pada Januari 2018 alami peningkatan. NTT Juga mulai melakukan ekspor Perdana cumi untuk memenuhi permintaan dari China pada Bulan Februari 2018.

Keempat, Lamar menginap para tamu mancanegara di NTT meningkat rata rata 3,03 Hari, jumlah wisatawan domestik yang tercatat mencapai 16.853 orang, sementara tamu mancanegara sebanyak 1.009 orang. Kelima, Produksi rumput laut di NTT memberikan peningkatan hasil yang lebih Besar dibanding tahun sebelumnya.

BACA JUGA  PD. Kebersihan Kota Bandung Mendapatkan penghargaan Perusahaan Terbaik Dan Terpercaya 2018

Sedangkan Sumber/andil Pertumbuhan Ekonomi NTT Triwulan I 2018, jelas Maritje, bersumber dari sektor Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran (Termasuk reparasi mobil, sepeda motor) sebesar 0,88%, pemerintahan 0,86%, konstruksi 0,75%, pertanian 0, 68% dan sektor lain 2, 02% (*/erni amperawati).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini