Walikota Kupang Dorong Minat Baca Siswa

  • Bagikan

Kupang, Poros Nusantara – Memperingati HUT Kota Kupang yang ke XXII, Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kupang, mengadakan pameran buku tingkat Kota Kupang dan lomba bercerita siswa/i tingkat SD serta lomba pidato tingkat SLTA. Pameran yang diselenggarakan setiap tahunnya ini mempunyai makna penting untuk meningkatkan minat baca masyarakat, disamping sebagai pengenalan buku – buku baru, penyebarluasan informasi  dan pengetahuan tentang perkembangan perbukuan.

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore saat membuka dengan resmi acara ini, di pelataran kantor Walikota Kupang Senin (23/4/2018) mengatakan, membaca adalah jendela dunia. Artinya dengan membaca bisa melihat dunia. Untuk itu, dengan pameran buku ini diharapkan semua lapisan masyarakat bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke pameran ini. Dirinya menilai  dengan membaca, bisa menambah wawasan dan meningkatkan minat baca, serta minat belajar guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal dimasa yang akan datang.

IMG-20180424-WA0012Jefri juga mengapresiasi kegiatan ini, karena bukan hanya pameran buku saja, tapi dimeriahkan juga dengan lomba bercerita bagi siswa/i SD dengan membawakan cerita rakyat NTT, dengan judul ” Mone He Beka “, yang berasal dari Kabupaten Sabu Raijua.

Dikatakannya, anak – anak harus dikenalkan dengan cerita – cerita rakyat dari berbagai daerah di NTT agar anak – anak bisa mengenal budayanya sendiri serta adat istiadat dengan bercerita. ” saya mengapresiasi kegiatan ini, dan saya harapkan kegiatan ini terus berlanjut. Dengan  bercerita, Anak – anak bisa mengenal budaya serta adat istiadatnya “, katanya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana pameran buku tingkat Kota Kupang  tahun 2018, Johny Boimau mengatakan, tujuan diselenggarakan pameran buku ini adalah untuk menggerakkan dan menumbuh kembangkan budaya gemar membaca bagi masyarakat. Selain itu sebagai wahana interaksi antar masyarakat atau pemustaka,  mengenai perkembangan perbukuan untuk mendorong minat dan gemar membaca masyarakat Kota Kupang.

Pameran yang berlangsung di pelataran kantor Walikota Kupang ini, jelas Johny, diikuti 30 peserta antara lain dari perpustakaan Perguruan Tinggi di Kota Kupang, perpustakaan sekolah, perpustakaan lembaga keagamaan, penerbit/toko buku dan para pengusaha, UKM yang turut berpartisipasi  memeriahkan  pameran buku ini.

Selain itu,  katanya kegiatan ini juga dirangkai dengan lomba bercerita anak bagi siswa/i  tingkat SD yang diikuti 60 peserta, lomba berpidato bagi siswa/i SLTA diikuti 20 peserta serta lomba mewarnai dan lomba fashion show tingkat taman kanak – kanak.

Pameran buku tahun  2018 memperingati  HUT Kota Kupang yang ke XXII yang jatuh pada tanggal 25 April 2018, mengambil thema: Dengan pameran buku 2018, kita tingkatkan minat baca masyarakat guna menciptakan generasi yang cerdas dan kreatif. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kota Kupang, Sekda Kota Kupang, Kepala badan Perpustakaan daerah Provinsi NTT, Forkopimda, Camat dan Lurah lingkup Kota Kupang serta undangan lainnya.

 

(  Laporan : Erni Amperawati )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *