KPK RI Gelar Pembekalan Pilkada Berintegritas

  • Bagikan

Kupang, Porosnusantara – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bekerjasama dengan pemerintah provinsi NTT, dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan pembekalan terkait program “Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Berintegritas” kepada 86 pasangan calon kepala daerah yang terdapat di provinsi NTT. Selain pembekalan Pilkada Berintegritas, dilanjutkan dengan deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pasangan calon kada untuk diketahui publik.

Kedeputian Bidang Pencegahan KPK RI, David Sepriwasa, dalam pertemuan dengan Asisten III Bidang Administrasi Umum, Sekretariat Daerah (Setda) NTT, Stefanus R. Oedjoe, Selasa (13/3/2018) mengatakan, “ pembicara  dalam pembekalan tersebut berasal dari Kementerian Dalam Negeri, KPK RI, LHKPN, Polda NTT dan Kejaksaan Tinggi NTT. Tujuannya, ucap David, agar pasangan calon kada dapat memahami cara mengelola pemerintahan secara baik dan efektif. Juga lewat pembekalan ini para pasangan calon dapat terhindar dari kasus – kasus korupsi”.
” Jadi pembekalan sehari digelar untuk memberikan acuan bagaimana mengelola pemerintahan dengan baik. Diharapkan pasangan calon nantinya tidak enggan dalam menjalankan pemerintahan, khususnya terkait proyek – proyek di daerah,” tambahnya.
David Sepriwasa menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak KPU Pusat dan sudah mengeluarkan surat edaran ke masing – masing KPU provinsi untuk ditindak lanjuti oleh KPU Kabupaten/Kota untuk mendorong para pasangan calon kada hadir mengikuti pembekalan dimaksud. ” Hal ini sangat penting dan kami juga sudah bersurat ke DPP partai politik yang mengusung para pasangan calon kada terkait hal tersebut untuk hadir mengikuti pembekalan. Dilanjutkan dengan deklarasi laporan harta kekayaan pasangan calon kada sehingga diketahui publik berapa harta kekayaan yang dimiliki pasangan calon kada sebagai bentuk transparansi jumlah kekayaan para penyelenggara negara. Selanjutnya acara dilengkapi dengan conferensi pers,” demikian David.

IMG-20180314-WA0004Sementara itu, Asisten III BidangaAdministrasi Umum Setda NTT, Stefanus R. Oedjoe, menyambut baik langkah – langkah KPK RI dalam upaya menata dan memberi perbaikan dalam pengelolaan pemerintahan di daerah secara baik dan efektif. Harapan Asisten Stefanus R. Oedjoe, pelaksanaannya dapat di tata secara baik dan perlu ada keseimbangan dalam penyampaian materi dengan melibatkan pihak penegak hukum, seperti dari Kejaksaan Tinggi dan Polda NTT.

Turut mengikuti pertemuan itu antara lain, Anisa Nurlitasari ( Bidang Pencegahan KPK RI ), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik NTT, Sisilia Sona, Kepala Biro Humas, Semuel Pakereng, Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah IV, Eny Ndapamerang dan Kepala Bagian Rumah Tangga pada Biro Umum Setda NTT, Hans Pauw. Pembekalan Pilkada Berintegritas akan digelar pada Kamis 3 Mei 2018, bertempat di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) NTT, di jalan Polisi Militer Kupang. Turut hadir sebagai peserta pada pembekalan itu masing – masing 86 pasangan calon kada beserta partai politik pengusung, KPU NTT dan Bawaslu serta para pemilih berintegritas. Sedangkan surat pemberitahuan dan undangan segera dikeluarkan KPU NTT kepada para peserta untuk menghadiri acara pembekalan Pilkada Berintegritas, di Kupang.

Materi pembekalan yang akan disampaikan, seputar bagaimana mewujudkan Pilkada Berintegritas, termasuk materi terkait lingkup tugas KPK RI, pengelolaan Pemerintah Daerah yang efisien dan efektif serta dilanjutkan sosialisasi dari pihak LHKPN tentang bagaimana cara membaca Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

 

( Laporan : Erni Amperawati)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *