oleh

Levico Target Hadirkan 5.000 Taman Baca Di NTT

KUPANG,  POROS NUSANTARA – Levico Butik yang berkedudukan di Jakarta menargetkan bakal menghadirkan 5.000 taman baca di NTT. Walau baru dua tahun berada di NTT, tetapi sudah dihadirkan di 6 Kabupaten/Kota dengan 300 taman baca. Saat ini upaya yang sedang dilakukan adalah mensurvei titik-titik potensial untuk membangun taman baca itu.

IMG-20180216-WA0009Pemilik LeViCo Butik, Julie Laiskodat, kepada wartawan Poros Nusantara di Kupang  NTT, Kamis (15/2018) menuturkan,  LeViCo dalam kiprahnya memiliki tiga tugas pokok yakni, mengorbitkan pemuda-pemudi NTT yang dinilai berbakat maka akan dipromosikan. Selama ini yang namanya ajang Putri Indonesia atau Miss bukan putri asli NTT yang mewakili ajang bergengsi di tanah air. Hal ini bukan berarti putra putri NTT tidak punya kemampuan, tetapi  belum ada kesempatan atau tidak memiliki jaringan yang luas sehingga LeViCo hadir menjawab permasalahan itu. “Memang baru 6 Kabupaten tapi akan ke Kabupaten lain di NTT agar ada putra putri NTT menjadi duta LeViCo untuk kita cari potensi agar kita bisa rekrut ikut ajang di Jakarta. Sekarang ada satu yang sedang kita orbitkan namanya  jesica dari Sumba Barat hanya karena belum cukup umur jadi kita persiapkan untuk tahun depan itu ajang tingkat nasional. Kami sekolahkan di Jakarta setelah usia 19 tahun kita ikutkan Jesica di ajang bergengsi lainnya,” katanya.

BACA JUGA  Sekkab Solsel Kembangkan Wisata, Disparbud tak Bisa Lupakan Media Massa

Menurutnya, tugas dari LeViCo ini juga mengangkat  soal tenun ikat NTT yang rencananya akan dipamerkan di Paris tanggal 3 Maret ini,” katanya.
Tugas LeViCo berikutnya adalah galakan program Literasi. Keluarganya menilai   bahwa membaca adalah jendela untuk melihat dunia luar yang mana orang NTT  sudah pintar tapi fasilitas buku terutama di Desa tidak ada juga  buku untuk dibaca. “Dengan memberikan buku di taman baca bisa membantu meningkatkan kecerdasan,  SDM semakin  meningkat. Saya memang punya mimpi agar ada taman baca LeViCo.

IMG-20180216-WA0010

Kalau seluruh NTT maka target saya bisa pinginnya  5.000 titik. Dari Kabupaten,  Kecamatan sampai ke Desa. Untuk ada taman baca di Desa,” sebutnya.
Sekarang  ini, lanjut Julie, taman baca levico baru 300 masih jauh dari target tetapi dirinya yakin kedepan akan bertambah dan setiap titik akan disiapkan  1.000 buku yang disiapkan,” ungkapnya.
Pihaknya, kata Julie, membangun kerjasama dengan sekolah-sekolah  dari  SD-PT juga gereja, untuk ditempatkan  taman baca LeViCo dan syaratnya juga mudah tinggal kirim data ke sekretariat nanti dikirim buku. “Kriterianya dengan melihat potensi apa sesuai kondisi riil tinggal dikomunikasikan sehingga bisa diturunkan buku dari TK-PT dan masyarakat  umum silahkan dimanfaatkan sesuai potensi daerah sendiri,” jelasnya.

BACA JUGA  Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, Dilaporkan Kepolisi oleh Dua Nasabahnya Atas Dugaan Pencucian Uang

Menyinggung soal pemilihan putri indonesia apakah ada syarat, dia mengatakan, kalau misalnya ada putri NTT, pihaknya akan  menjalin  kerjasama dengan Mega Aklis. “Memang ada syaratnya  tinggal  kami ajukan ke Mega Aklis apakah bisa diorbitkan setahun di jakarta. Khusus taman baca, di Sumba hampir 60 Kecamatan sudah ada taman baca. Di Flores Timur sudah ada di 40 Kecamatan.  LeViCo memang masih sedikit tapi pihaknya akan terus  berjuang untuk NTT,” tambahnya.

BACA JUGA  GERAH DENGAN HINAAN ,KEPALA DESA PENUSUPAN LAPORKAN AKUN FB AHMAD FATHURI

Jika viktor terpilih pada ajang pilgub NTT maka dirinya  punya mimpi bangun NTT ke depan. Anak-anak dan  wanita walau di Desa bisa terbantu dari menenun dan meningkatan derajat hidup masyarakat.
Menurut Julie, selama ini mereka selalu turun ke kabupaten dan berbagi dengan anak panti asuhan
dengan berbagi zakat di NTT. Hidup balance karena Tuhan kasih berkat berbagi. kami selalu kunjungi panti dan SLB. Mereka punya hak yang sama.

 

( Laporan : Erni Amperawati)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini