PERINGATI SUMPAH PEMUDA, PEMKO SAWAHLUNTO SELENGGARAKAN PEMANTAPAN WAWASAN KEBANGSAAN

  • Bagikan

SAWAHLUNTO, POROS NUSANTARA – Sumbar-Selain kegiatan upacara bendera dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda ke 89, Pemko Sawahlunto turut menggelar pemantapan wawasan kebangsaan bagi generasi muda, aparatur dan tokoh masyarakat se-Kota Sawahlunto di Lapangan Makam M.Yamin Talawi (28/10).

Dalam kegiatan yang bertema “Meneladani Pemikiran dan Perjuangan Prof. Mohammad Yamin, S.H. dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai bekal bagi generasi muda dalam melanjutkan pembangunan” tersebut menghadirkan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Mahfud sebagai narasumber.

Sementara itu dalam paparannya, Mahfud mengatakan bahwa sosok M.Yamin yang berasal dari Talawi ini  memiliki andil besar dalam perumusan sumpah pemuda maupun sejarah bangsa. Sehingga sebagai warga Sawahlunto harus bangga dan bertanggung jawab untuk meneruskan perjuangan pemikiran M.Yamin.

Namun di sisi lain, pihaknya juga menambahkan bahwa sosok M.Yamin juga pernah diprotes karena telah membebaskan sekitar 950 tahanan saat menjabat sebagai menteri kehakiman. “M.Yamin membebaskan tahanan politik tanpa grasi atau remisi karena menilai orang-orang tersebut ditangkap tanpa alasan yang jelas”, ucapnya.

Sementara itu, Mahfud juga menjelaskan bahwa tidak semua perundang-undangan yang dibuat itu tepat karena adanya kesalahan pembuatan undang-undang hingga adanya praktek kolusi dalam pembuatan uu tersebut, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas terkait permasalahan faham radikalisme yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilawan oleh Pemerintah.

“Permasalahan radikalisme apabila dibiarkan dapat memicu perang seperi di Negara Suriah”, jelas Mahfud.

Oleh karena itu perlu adanya perubahan secara bertahap terhadap suatu hal yang salah / secara gradual, tambahnya.

(Laporan : Yanto/Risang)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *