by

Pemkab Sergai Gelar Sholat Idul Adha 1438H

Sei Rampah Sergai, Poros Nusantara – Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulihijjah 1438 H, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara memusatkan pelaksaan Sholat Idul Adha di Lapangan Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kab Sergai. Jum’at (1/9).

Turut hadir pad pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Wakapolres Kompol Erizal, anggota DPRD H. Usman Efendi Sitorus, S.Ag, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Khairani Hadi Winarno, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Ketua FKUB H. Irfan El Fuadi Lubis, para Camat, Muspika, tokoh agama dan ratusan masyarakat Kecamatan Sei Rampah.
Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha 1438 H adalah H. Muhammad Nasir serta khutbah yang diisi oleh Buya KH. Lukman Yahya.

BACA JUGA  Mobil Tangki Isi Ulang Terguling

Pada khutbah yang berjudul “Membangun Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan dengan Menerapkan Konsep Kurban” ini disampaikan bahwa makna dari berkurban adalah upaya mereformasi diri sendiri dengan jalan menyembelih serta membunuh watak dan tabiat hewaniah seperti tamak, rakus, gila kekuasaan, ambisi yang tidak terkendali, sombong, iri hati, dengki serta lain sebagainya dari sifat tidak terpuji.

Dipesankan melalui khutbah tersebut, manusia tidak dibenarkan mengorbankan manusia lain untuk sesuatu kepentingan, sekalipun adalah kepentingan Tuhan. Juga prinsip lebih baik berkorban daripada mengorbankan atau jadi korban orang lain, karena nilai pengorbanan tidak dilihat dari kuantitas, akan tetapi berasal dari niat dan kualitas ketulusan dan keikhlasan hati.

BACA JUGA  Oknum Pejabat dan Dokumen Amdal Bisa di Beli, Alam Jayapura Rusak

Lebih lanjut disampaikan Buya Lukman Yahya, ibadah kurban mengandung aspek ilahiah yaitu mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Pencipta, serta aspek insaniah dengan menumbuhkan kekentalan persaudaraan (silaturrahim) dalam rangka mendorong semangat pengabdian kepada Allah serta mendukung terwujudnya Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Untuk Kabupaten Sergai pada peringatan Idul Adha 1438 H ini
secara keseluruhan menyembelih 933 lembu dan 1054 kambing yang didalamnya termasuk 66 ekor lembu dan 17 ekor kambing dari jajaran Pemkab Sergai serta 1 ekor Gubsu H. Tengku Erry Nuradi, M.Si.

BACA JUGA  "AYAHANDA DOSEN INSTITUT KESENIAN JAKARTA (IKJ) TUTUP USIA"

Acara dilanjutkan dengan peninjauan pemotongan hewan Qurban yang berlokasi di Masjid Al-Inayatun Nayani Dusun XI Jalan Sono Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin.

Laporan: Dipa Sergai

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini