Pemkab Sergai Memperingati Harganas – XXIV Bupati Canangkan Baksos TNI Manunggal KB/Kes

  • Bagikan
PENYERAHAN : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin didampingi Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP drg. Hj. Khairani Hadi Winarno, Ketua Persit KCK Kodim 0204/DS memberikan hadia kepada pemenang lomba dalam rangka Hari Keluarga- XXIV tahun 2017 di Lapangan Sepak Bola Desa Firdaus Kecamaan Sei Rampah, Rabu (23/8).

Sei Rampah, Poros Nusantara – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) – XXIV tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dirangkaikan dengan Pencanganan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan dan ditandai dengan acara temu ramah keluarga dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Firdaus Kecamaan Sei Rampah, Rabu (23/8).

 

Hadir dalam acara ini Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP drg. Hj. Khairani Hadi Winarno, Ketua Persit KCK Kodim 0204/DS, Ketua Bhayangkari Polres Sergai, jajaran OPD Sergai, Mewakili Dandim 02/04 DS Mayor Inf. D. Silalahi, Ketua TP PKK Kecamatan, para Camat, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, serta para kader PKK Desa se-Kabupaten Serdang Bedagai.
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin mengemukakan bahwa pada tahun ini Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal KB/Kes yang seyogiyanya dilaksanakan secara tersendiri, namun tahun ini dipadukan dengan Temu Ramah Keluarga dalam rangka Harganas – XXIV Tahun 2017. Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
Kegiatan Baksos TNI Manunggal KB/Kes yang berlangsung selama 6 bulan dan sudah berjalan sejak Bulan Mei dan berakhir pada bulan Oktober 2017 dengan tujuan penguatan, percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan keluarga yang mandiri, sejahtera, berkarakter dan berketahanan. Kegiatan ini akan diisi sosialisasi program KB melalui lintas agama untuk meningkatkan keterpaduan, kemitraan dan kerja sama dengan instansi  Pemerintah dan swasta. Kemudian operasional pelayanan KB dengan fokus pasangan usia subur muda paritas rendah serta memantapkan koordinasi dan keterpaduan dengan semua sektor dan pendekatan penggarapan melalui segmentasi wilayah sasaran.
????????????????????????????????????
????????????????????????????????????
Sementara itu, melalui Peringatan Harganas – XXIV Kabupaten Sergai ini agar menjadi momentum bagi setiap keluarga untuk kembali berkumpul, berinteraksi, bertukar pengalaman melalui komunikasi yang berkualitas setelah sibuk dengan segala aktivitas. Dengan pendekatan ketahanan keluarga yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dimana keluarga berkumpul, saling peduli dan berbagi. Keluarga berdaya dapat mengandalkan segala potensi yang ada di dirinya baik berupa ketrampilan, olah pikir dan pengetahuan sehingga mampu menerapkan pola pengasuhan anak yang baik, kata Bupati.
Sedangkan keberhasilan program KB di Kabupaten Sergai menurut Bupati Soekirman sudah cukup menggembirakan dengan pencapaian 9403 akseptor pada Bulan Agustus dari jumlah target 12.472 sampai bulan Desember mendatang. Sedangkan pencapaian KB aktif sebesar 72 % dari pasangan usia subur yang ada di daerah ini. Dengan Pencanangan Kampung KB pada tahun 2017 ini kita harapkan sosialisasi program KB dapat terlaksana sesuai harapan kita bersama, harap Bupati Soekirman.
Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Ny. Hj. Marliah Soekirman dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam acara ini antara lain Pelayanan KB gratis dengan target 117 akseptor, pelayanan kesehatan umum, pemeriksanaan IVA-TEST, donor darah, pemeriksaan tulang dan gelar dagang kelompok UPPKS. Kemudian, penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dalam rangka Harganas tahun 2017, penyerahan obgyn bed secara simbolis, penyerahan sarana kerja PPKBD dan penyerahan hand phone pintar (smart phone) kepada 35 orang PLKB.

Laporan: Imam Susanto

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *