by

LINGKUNGAN YANG SEHAT MENCERMINKAN JIWA YANG SEHAT

GARUT, POROS NUSANTARASuatu wilayah akan dikatakan sehat kalau suasana lingkungannya bersih dan asri otomatis kesehatan masyarakatnya juga terjamin, gambaran ini salah satunya berada di wilayah Kelurahan Sukamentri Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut.

Yang letak wilayahnya berbatasan dengan wilayah Kelurahan Ciwalen sebelah selatan, sebelah utara Desa Haur panggung, sebelah timur Desa Suci Kaler dan sebelah barat Kelurahan Pakuwon,memiliki luas wilayah 26,5 ha,jumlah penduduk 8035 jiwa,mata pencaharian masyarakat paling besar petani dan pedagang.
Setiap hari Jum’at kepala kelurahan Suherman beserta stap bersama masyarakat dan kader-kader PKK bergotongroyong membersihkan wilayah kelurahan baik sarana jalan,gorong-gorong,sarana ibadah dan sarana lainnya.
Hal ini diungkapkan oleh Suherman, itu merupakan program kami dan sudah menjadi agenda rutin mingguan dan kami terus memberikan pengertian pentingnya hidup bersih dan sehat, tentu kami bagi wilayah maksudnya minggu kesatu kampung A, minggu kedua kampung B seperti sekarang ini wilayah kampung Sindang Heula Rw 1,2,3 untuk pembersihan lingkungan dan melestarikan budaya gotong royong yang selama ini perlahan mulai pudar”, ungkapnya.
Dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung menjalin ikatan silaturahmi dengan masyarakat,dan kita jadi tahu maunya masyarakat”. tambahnya.
Masyarakat merasa senang dengan adanya kegiatan Jumsih (jum’at bersih) ini, karena lingkungan jadi bersih sebab lingkungan bersih mencerminkan jiwa yang sehat, dan dengan adanya kegiatan ini kami merasa dekat dengan pak Lurah, beliau turun langsung”, kata Omas salah seorang tokoh masyarakat.
Diakhir pembicaraan Lurah Sukamentri Suherman mengharapkan kepada warga masyarakat, kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama oleh karena itu biasakanlah hidup bersih karena kebersihan adalah sebagian dari iman.
Laporan: Dadang/UDG 
BACA JUGA  NILAI-NILAI KESAKTIAN PANCASILA SEBAGAI SOLUSI PENCEGAHAN DAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini