oleh

Nilai Tatakrama Yang Mulai Memudar Di Era Modernisasi

Jakarta, porosnusantara.co.id – Sebagai makhluk sosial, kita perlu selalu berkomunikasi dengan orang lain. Baik langsung maupun menggunakan alat.

Komunikasi adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Sekarang, karena kita sudah terbiasa, terkadang kita tidak terlalu memikirkan masalah moral ketika kita berbicara dengan orang lain.

Padahal, moralitas sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan memahami dan menerapkan kode etik, kita akan terhindar dari perilaku buruk yang tidak dapat diterima di masyarakat sekitar kita. Dengan cara ini kita akan disebut orang yang santun dan beradab serta dicintai banyak orang.

Oleh karena itu, tentunya etika perlu kita pelajari dari segala aspek kehidupan, termasuk komunikasi. Banyak orang di sekitar kita mungkin mengabaikannya, tetapi tidak ada alasan untuk melakukannya.

Menanggapi hal itu Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Usaha Kecil Menengah (UMKM), Ida Nasution mengatakan,sekarang ini banyak orang asal bicara tanpa mementingkan tatakrama.

“Coba bicara yang santun karna saya nilai baik dari medsos yang saya pantau kadang ada pejabat yang mencontohkan hal tidak baik,” Ucap Ida kepada awak media, Sabtu (13/3/2021).

Ida menambahkan, selain tatakrama dalam berbicara yang kurang santun, beberapa pejabat ini kerap mencontohkan hal yang tidak baik pada postingannya di Media Sosial (Medsos).

“Belum lama ada pejabat daerah yang membagikan foto dengan beberapa orang tanpa masker di medsosnya,” Ucapnya.

Wanita yang berprofesi sebagai pengusaha ini juga mengatakan saat ini kandididat yang terpilih menjadi pemimpin terkadang sering merasa hebat sehingga dengan mudahnya melakukan hal-hal yang kurang baik untuk konsumsi publik.

“Saya menghimbau dimana terjaganya kerukunan sesama masyarakat hendaknya agar setiap pejabat sekarang mengerti tentang kehidupan bersosial,” Tutupnya.

Penulis: Angie/Elly

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini