oleh

JAGA KESIAPAN OPERASIONAL SATUAN PRAJURIT YONBEKANG 2 KOSTRAD LAKSANAKAN UTP UMUM

Poros Nusantara – Yonbekang 2 Kostrad dibawah pimpinan Letkol Cba Firmanuddin Lilawangsa, S.I.P pagi ini melaksanakan kegiatan latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum yang diikuti oleh seluruh prajurit bertempat di Mayonbekang 2 Kostrad, Rabu (24/2/2021).

Uji Terampil Perorangan merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan prajurit yang berdasarkan tingkat kepangkatan, dengan tujuan untuk menguji masing masing perorangan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tingkat keterampilan guna mendukung tugas satuan agar didapat suatu data yang valid tentang pemahaman dan penguasaan ketrampilan perorangan serta menjaga kekompakan seluruh anggota personel Yonbekang 2 Kostrad.

Komandan Batalyon Bekang 2 Kostrad mengatakan, prajurit profesional dituntut untuk menguasai dan mahir melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dan jabatannya. Untuk itu, diperlukan latihan secara maksimal, bertahap, bertingkat dan berlanjut. Guna mencapai sasaran tersebut, kegiatan latihan diawali dengan latihan tingkat perorangan hingga latihan tingkat satuan. Saya berharap agar setiap prajurit Yonbekang 2 sadar dan mengerti tentang pentingnya kemampuan perorangan dalam mendukung tugas pokok satuan. “Jadikan latihan UTP ini sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan prajurit dalam melaksanakan tugas kedepan yang semakin berat dan kompleks,” terangnya.

Sementara itu Pasi Ops Kapten Cba Beny Rosa menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan latihan UTP Umum kali ini yang diujikan adalah kemampuan teknis masing masing perorangan. Pelaksanaan UTP terdiri dari 13 pos dengan materi yang berbeda di tiap posnya. Diantaranya adalah Navigasi Darat, HAM dan Humaniter, Ilmu Medan, Nikpursar, Pengetahuan Senjata, Komunikasi, Pam dan Intelijen, dan Longmalap. Dari pelaksanaan UTP kali ini para prajurit mendapatkan hasil yang memuaskan, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Uji Terampil Perorangan tiap Kompi TA. 2021 telah dilaksanakan dengan lancar, tertib dan aman.

“Melalui UTP yang dilaksanakan ini, diharapkan kemampuan dasar prajurit Yonbekang 2 akan dijadikan pedoman untuk menentukan latihan selanjutnya sehingga tercipta profesionalisme prajurit dalam setiap jenjang kepangkatannya”, pungkasnya.

Supriyadi*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini