PPLIPI Wujud Eksistensi Perempuan Indonesia

0
33 views

Porosnusantara.co.id, Jakarta – Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia disingkat dengan PPLIPI didirikan pada tanggal 17 April 2016 dengan Ketua Umum, Dra. Hj. Indah Suryadharma Ali dan Sekretaris Jenderal, Maya Miranda Ambarsari, SH., MIB.

Ditujuan dibentuknya  PPLIPI ini sebagai wadah para  perempuan untuk menyumbangkan tenaga pikiran, peluang, maupun materi, dalam rangka mengangkat harkat dan martabat perempuan melalui upaya pemberdayaan perempuan baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, kesehatan, secara nasional maupun global. Sehingga para perempuan yang menurut data statistik kependudukan populasinya berimbang dengan kaum laki-laki, dapat menjadi aset bangsa yang potensial dalam berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara.

“Organisasi ini berawal dari impian saya tentangbagaimana bisa membantu kaum perempuan. Tetapi saya tidak mampu, jika melakukannyasendiri. Untuk itu, saya mengajak temanlainnya untuk menjalankan organisasi ini.Saya sangat bersyukur banyak teman yang mewujudkan cita-cita idealis untukperempuan,” ujar Indah.

PPLIPI merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat terbuka lintas profesi lintas suku, litas, agama dan lintas politik. Syarat menjadi anggota adalah perempuan warga negara Indonesia, minimal berusia 25 (dua puluh lima) tahun, dan memiliki profesi tertentu dalam pengertian profesi yang positif dan tidak melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.

Cakupan kerja PPLIPI meliputi seluruh wilayah Indonesia dan Luar negeri, dengan struktur kepemimpinan, di tingkat Pusat adalah Dewan Pimpinan Pusat, di tingkat Provinsi adalah Dewan Pimpinan Wilayah, di tingkat Kabupatan/Kota adalah Dewan Pimpinan Cabang, dan di tingkat Kecamatan adalah Pimpinan Anak Cabang. Saat ini perempuan yang bergabung lebih dari 1000 anggota dari beragam profesi di Indonesia

Selain itu PPLIPI juga memiliki sayap organisasi yakni PPLIPI Muda. Tujuan dibentuknya sayap oranisasi ini ini untuk mewadahi peran serta perempuan muda dari berbagai lintas profesi untuk mewujudkan generasi muda yang tangguh, mandiri, terampil dan berakhlak mulia.

PPLIPI Muda pertama kali diperkenalkan dalam perhelatan akbar Signature PPLIPI Peduli UMKM pada pertengahan Juli lalu, dan resmi dilantik pada 2 Agustus 2018 bertempat di Gedung Serbaguna DPR RI Kalibata dengan masa bakti 2018 – 2023.

Ketua Umum PPLIPI Dra. Hj. Indah SDA mengatakan PPLIPI Muda ini dibentuk karena masih banyak para perempuan muda Indonesia yang aktif dan memiliki potensi untuk memberdayakan dirinya bagi kemajuan sesama perempuan, namun belum memiliki wadah untuk mengekspresikan diri dan kemampuannya.

“Kami merespon dan mewadahi keinginan para perempuan generasi muda yang professional dan aktif ini dalam bentuk PPLIPI Muda. Karena ini lintas profesi maka pengurus PPLIPI Muda terdiri dari berbagai bidang mulai dari pendidikan dan lingkungan, kesehatan, ekonomi, politik dan hukum, kemasyarakatan, agama, sosial, kreatif, seni dan budaya dengan rentang usia mulai 25 hingga 35 tahun,” ujarnya.

Indah berharap melalui PPLIPI Muda ini akan semakin memberi peluang bagi para perempuan muda untuk lebih leluasa mengekspresikan diri, karir dan kemampuannya. Sebab, perempuan juga harus mendapatkan kesempatan yang sama dalam menunjukan eksistensi diri. (Mustar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here