Kemenag Sawahlunto Lantik Kepala KUA Definitif

0
42 views

Porosnusantara.co.id, Sawahlunto – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto H. Idris Nazar,SE, S.Pd.I, MM melantik sekaligus memindahkan seluruh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi pejabat definitif di jajarannya, Rabu (20/2).

Ahmad Zukri, S.Ag selaku Plt. Kepala KUA Kecamatan Barangin diangkat menjadi Kepala KUA Kecamatan Silungkang, Plt. Kepala KUA Kecamatan Talawi Akmaluddin, S.Ag diangkat menjadi Kepala KUA Kecamatan Lembah Segar, Plt. Kepala KUA Kecamatan Silungkang Apgreadisman diangkat menjadi Kepala KUA Kecamatan Barangin dan Plt. Kepala KUA Lembah Segar Afri Delson, S.Ag diangkat menjadi Kepala KUA Kecamatan Talawi.

WhatsApp Image 2019-02-21 at 07.49.03 (1)Idris Nazar menyampaikan, jabatan Kepala KUA hampir sama dengan Kepala sekolah, berbeda dengan peraturan sebelumnya.

“Kepala KUA itu adalah Penghulu diperbantukan menjadi Kepala KUA,” ujarnya di Aula Kankemenag Kota Sawahlunto.

Berdasarkan ketentuan PMA Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA Kecamatan, Kepala KUA kata Idris adalah pejabat fungsional dengan masa jabatan maksimal dua periode atau delapan tahun.

Lebih lanjut dijelaskan Mantan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Kanwil Kemenag Sumbar itu, jika telah mencapai batas maksimal menjabat Kepala KUA maka yang bersangkutan diberhentikan sementara selama empat tahun dan kembali menjadi penghulu biasa, kemudian bisa diangkat kembali dalam jabatan tersebut.

Sebaliknya sambung Idris, aturan demikian bisa saja tidak berlaku apabila tidak ada lagi penghulu lain yang berpeluang menggantikannya.

Saat ini diakui Idris, Kemenag Kota Sawahlunto mengalami kekurangan SDM dan memerlukan kaderisasi.

“Kita hanya punya 147 orang PNS, semua tersebar di madrasah, KUA serta Kantor Kemenag,” terangnya.

Terkait karir pegawai, Kepala Kankemenag menghimbau jajaran terutama putra daerah meningkatkan kompetensi lalu berupaya memanfaatkan peluang mengisi kekosongan jabatan sehingga pimpinan tidak lagi tertarik melirik pegawai dari Kemenag lain untuk dipromosikan atau ditempatkan di lingkungan tempat kita bekerja.

“Kalaupun tak putra daerah minimal bagi mereka yang sejak awal diangkat menjadi CPNS di sini,” pintanya.

Apalagi jabatan Kepala KUA kata Idris, semestinya diisi oleh pegawai yang tinggal atau sudah lama bekerja di Sawahlunto karena lebih tahu bahkan sangat mengenal bagaimana keadaan kota ini.

“KUA itu ujung tombak Kemenag karena langsung bersentuhan dengan masyarakat, rasa-rasanya kurang maksimal memberikan pelayanan bila diduduki pegawai dari luar sedangkan dia sendiri tidak menetap tinggal di tempat itu,” demikian pandangan Idris.

Selain ucapan selamat, Kepala Kankemenag mengingatkan pejabat dilantik bekerja secara baik sesuai kewenangan.

“Sesama teman saling berkoordinasi, kepada atasan sering berkonsultasi dan jangan sekali-kali mendahului atasan karena nantinya juga akan ketahuan,” sebut Idris.

Di penghujung sambutan, Idris mengingatkan isteri pejabat dilantik  memahami, memaklumi dan senantiasa mendorong semangat suami dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara.

Memasuki suasana Pileg dan Pilpres, Kepala Kankemenag mengingatkan pula ASN berhati-hati menyikapi situasi berkembang.

Usai acara, Kepala Kankemenag didampingi Kepala-kepala seksi menyalami satu persatu pejabat dilantik, diikuti kemudian oleh ASN yang hadir. (Yanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here