Pemko Sawahlunto Terima Bantuan Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling

0
57 views

Porosnusantara.co.id, Sawahlunto – Kunjungan kerja Walikota Deri Asta ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI berbuah manis, proposal permintaan satu unit mobil perpustakaan keliling dikabulkan oleh Perpusnas RI. Sehingga, dalam kunjungan itu, Deri Asta langsung menerima bantuan mobil tersebut yang secara simbolis ditandai dengan penyerahan kunci mobil dari Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando.

Keberadaan mobil perpustakaan keliling ini memiliki peran strategis dalam menunjang operasional perpustakaan maupun meningkatkan minat baca masyarakat ‘Kota Arang’.

“Sangat terbantu sekali perpustakaan mendekatkan diri pada masyarakat dengan mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling ini. Sebab di Sawahlunto itu kan kondisi geografis kita memang berbukit – bukit, dengan kata lain medannya cukup berat. Sehingga dengan mobil ini bisa membantu mengatasi tantangan kondisi medan di lapangan,” sebut Deri Asta usai menerima secara simbolis kunci mobil perpustakaan keliling tersebut, Jum’at 15 Februari 2019 di Perpusnas RI, Jakarta.

Kunjungan kerja Walikota Sawahlunto beserta rombongan ke Perpusnas RI itu disambut antusias oleh Muhammad Syarif Bando. Kepala Perpusnas RI itu mengapresiasi keseriusan Pemko Sawahlunto memperhatikan dan mendorong kemajuan perpustakaan.

“Ini harus dicontoh juga oleh daerah lain. Kepala daerahnya bisa langsung mengantarkan proposal, melakukan koordinasi ke pusat. Jadi memang paham betul bahwa menunjang perpustakaan ini penting. Mendorong minat baca masyarakat ini menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) daerah tersebut,” papar Syarif Bando.

Tentang kondisi perpustakaan ‘Kota Arang’, disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Sawahlunto, Irzam bahwa saat ini memiliki dua unit perpustakaan yakni Perpustakaan Daerah Adinegoro dan Perpustakaan Muhammad Yamin. Perpustakaan Adinegoro berlokasi di pusat kota, sementara Perpustakaan Muhammad Yamin terletak di kawasan Makam Mahaputra M. Yamin, Kecamatan Talawi.

Pihak legislatif Kota Sawahlunto juga mendukung langkah – langkah memajukan perpustakaan ini. Dalam mendampingi Walikota Deri Asta mengantarkan proposal ke Perpusnas RI tersebut, Ketua DPRD Adi Ikhtibar juga turut serta. (Yanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here