Kiat Sukses Usaha Fried Chicken

0
93 views

Porosnusantara.co.id, Jakarta –  Usaha ayam goreng tepung atau biasa di kenal masyarakat dengan fried chicken saat ini sedang menjamur. Betapa tidak, hampir di setiap keramaian kita akan dengan mudah menemukan penjaja makanan ini. Karena itu persaingan dalam usaha ini sangatlah ketat  seharusnya tidak perlu khawatir dengan persaingan yang ada.

Perlu diingat, di mana pun kita menjalankan usaha apalagi bila usaha tersebut menyangkut kebutuhan pokok masyarakat, cepat atau lambat akan muncul usaha baru yang siap menjadi pesaing usaha. Pendatang baru yang menjadi pesaing umumnya siap “tempur” dengan modal yang lebih banyak, penampilan yang lebih hebat, promosi yang lebih agresif, dan sangat mungkin akan banting harga demi merebut pelanggan setia.

Pelaku usaha tidak usah gentar dengan pendatang baru yang tampil lebih keren dan merupakan usaha waralaba yang telah berpengalaman dan memiliki jaring pemasaran yang kuat. Namun perlu diingat, tidak sedikit usaha waralaba bangkrut karena tidak dapat menyaingi pemain tradisional yang sudah lama berdiri.

Pelaku usaha pendatang baru yang pakai gerobak dengan tampilan menarik, akan berusaha keras menarik pelanggan agar sebagian pelanggan pindah. Kelemahannya bisa dilhat dari penampilan booth dan pemasaran yang kurang luas maka perlu menekankan pergerakan pada kedua hal tersebut namun jangan meninggalkan keunggulan dalam rasa maupun harga. Karena keunggulan yang dimiliki merupakan point penting dalam menjalankan sebuah usaha kuliner.

Jadi langkah yang bisa dilakukan adalah:

  1. Jika yakin rasa produk Anda lebih enak dibandingkan dengan pesaing, buatlah brosur dengan kata-kata promosi yang menarik misalkan “Rasa boleh diadu, pasti nomor satu!” atau kata-kata lainnya yang menginformasikan bahwa produk usaha anda memiliki rasa yang lebih unggul.
  2. Setelah brosur selesai maka segera sebar luaskan brosur tersebut ke kompleks perumahan atau tempat keramaian lainnya yang ada di sekitar lokasi usaha. Penyebaran brosur perlu dilakukan secara rutin agar pelanggan tidak dengan mudah melupakan produk Ayam Goreng yang Anda buat.
  3. Tampilan booth perlu diperbaiki juga, tapi tidak harus sama dengan pesaing. Yang penting tampil lebih bersih dan rapi, sehingga pelanggan lama akan merasa bahwa pelayanan sudah mengalami peningkatan. Selain itu gunakan warna-warna cerah dan tulisan yang terlihat dari kejauhan agar banyak konsumen yang tertarik dan datang.
  4. Promosi lainnya, adalah dengan membuat suatu undian berhadiah atau semacamnya yang menarik minat konsumen. Seperti misalkan pada saat tahun ajaran baru. Buatlah program undian kepada para konsumen yang datang dengan hadiah beberapa buku tulis atau perlengkapan tulis lainnya. (Mustar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here