Suharti, Lurah Tanah Sereal : Perempuan Harus Tangguh

0
168 views
Lurah Tanah Sereal Suharti- foto: WK

Jakarta – Posisi sebagai lurah Kebanyakan dijabat oleh pria. Na­mun ada juga  Perampuan yang  mampu  memikulnya.Seperti Suharti  yang kini menjabat Lurah Tanah Sereal, Kecamatan Tambora, Jakarta barat. Bahkan tak hanya sekedar mampu, ia juga menorehkan sejumlah prestasi.

Salah satu momen sejarahnya adalah saat  terpilih menjadi titik start kirab obor Asian Games untuk wilayah Jakarta barat 2018 tahun lalu.

Di Ke­lurahan Tanah Sereal, sederetan kebijakan untuk kepentingan masyarakat diciptakanya. Diantaranya menciptakan bank sampah di setiap RW, memfokuskan untuk memberdayakan masyarakat untuk mencintai sampah ,maksudnya  Mencintai dalam arti sampah bisa menghasilkan ,Yang paling utama agar terhindar  banjir disaat musim hujan.

Program “Gang Hijau” menanam sayuran dilingkungan rumah warga, termasuk tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman produktif. Merupakan salah satu program unggulan dan kebanggan walikota  Jakarta barat , karena  program tersebut Tanah sereal  terpilih jadi salah satu kelurahan yang dikunjungi  Delegasi dari Jepang  pada tahun 2017.

Posisi sebagai pemimpin memang tak mudah. Apa­lagi ia adalah seorang perem­puan dengan segala keter­batasan yang ia punya.

Karena tuntutan tugas, tak jarang bahkan pada te­ngah malam saat hujan,  ia harus turun ke lapangan sendiri memantau anak buahnya.

“Terutama saat musim hujan atau sebagainya, tentu saya harus turun lang­sung ke lokasi untuk me­mantau dan mengatasi ke­adaan,” ceritanya pada porosnusantara.

Kendala lain adalah beta­pa sulitnya ia yang harus membagi waktu antara tugas sebagai ibu dengan tugas sebagai pimpinan masyarakat di ke­lurahan.

Namun demikian dibalik kendala, ia juga menyimpan kebahagiaan dapat mem­bantu warga. Diantaranya membuat wilayahnya terbebas dari banjir pada 2018 lalu.

“Semua keberhasilan dan prestasi yang diraihnya, tak lepas dari kerjasama, dukungan masyarakat dan keluarga serta support dari pimpinan, baik dari camat maupun walikota,” tutupnya.

(adis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here