Dinas Pariwisata Pemda Nabire Gelar Pesta Seni Budaya Papua Demi ...

Dinas Pariwisata Pemda Nabire Gelar Pesta Seni Budaya Papua Demi Pengembangan Ilmu Pengetahuan

36 views
0

Nabire, Poros Nusantara  – Guna melestarikan budaya dan adat istiadat suku-suku yang berada di Kabupaten Nabire, Papua, Dinas Pariwisata, Kabupaten Nabire menggelar Pesta Budaya. Harapanya dengan event ini masyarakat lebih mengenal dan mengembangkan potensi, mempertahankan, melindungi, melestarikan seni dan budaya setempat. Demikian  sambutan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nabire, Natus Gobai, S.sos, dalam sambutan Event Pesta Seni dan Budaya, Selasa (11/12/2018).

Menurut Natus  rasa cinta terhadap seni budaya tradisonal mulai berkurang, dan ditambah dengan pendangkala moral, krisis jati diri  bangsa yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Jika hal ini dibiarkan  akan meyebabkankan punahnya seni budaya asli setempat.  “Dimana seni dan budaya Papua merupakan aset berharga bagi perkembngan pendidikan ilmu pengetauan dan kebudayaan di masa yang mendatang. Pasalnya, secara tidak langsung seni tradisonal masa lampau sangat berkaitan dengan eksistensi suatu Bangsa, “ujarnya.

Lebih lanjut, Natus mengatakan Aparat Pemerintah Daerah menghadapi kendala dalam mempertahankan seni budaya sebagai jati diri suatu bangsa sehingga membutuhkan pemahaman yang benar dalam mengembangkan seni budaya tradisional. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan Pesta Budaya terjalin hubungan yang harmonis, antara pemda dengan masyarakat dan menimbulkan kesadaran dan kepedulian serta menghormati budaya tradisional di daerah ini,” ujar Natus.

Natus menambahkan   pesta budaya  diikuti  suku yangber ada di 15 Distrik pada 2 (Dua)  Wilayah Adat Saireri dan Meepago. Mereka  menampikan Seni Budaya Tradisional sebagai Warisan Nenek Moyang  atau leluhur yang merupakan Jati Diri kelompok  suku yang ada di Daerah ini.

Pada pagelaran seni budaya ini  sengaja tidak dilombakan tetapi di tampilkan apa adanya sesui dengan nilai-nilai budaya masyarakat sebagai nilai-nilai kearifan lokal suatu suku bangsa yang tetap dijaga dan di lestarikan.

Natus berharap nilai-nilai budaya asli yang dimiliki oleh kelompok  suku yang berada di daerah ini bisa dijaga dan dilestarikan serta di hargai. Pasalnya, penghargaan terhadap nilai-nilai asli suatu  daerah merupakan badian menghormati  para leluhur.  “Dengan begitu, apapun yang kita kerjakan dan bangun akan berhasil dan membawa  manfaat  serta kebaikan bagi kita, akan tetapi kalau kita tidak menghargai nilai-nilai budaya asli di daerah Ini dan menghabaikannya maka pasti akan mendapat halangan dan rintangan dalam pekerjaan dan pembangunan yang Kita kerjakan,” tutur Natus.

Pesta seni dan budaya tidak hanya mempererat kesatuan dan persatuan,  melestarikan dan seni budaya daerah, mengali nilai-nilai lokal, dan mengembangkan potensi seni budaya tradisional yang berada di kelompok  suku yang ada di wilayah Kabupate Nabire, tetapi sekaligus mempromosikan pariwisata ke tingkat Nasional dan Internasional, ” ujar Natus.

natal

Laporan : Nasarudin, NS.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY