Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan Kab. Pasaman Selalu berbuat Untuk Korban Bencana

Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan Kab. Pasaman Selalu berbuat Untuk Korban Bencana

145 views
0

Pasaman, Poros Nusantara — Setelah sebelumnya Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan (FMPK) telah 4 kali melakukan kegiatan penyaluran bantuan ke kecaamatan Bonjol dengan pendistribusian Sembako dan perbaikan irigasi rusak ringan maka kali ini FMPK yang berdiri karena adanya bencana banjir di Pasaman ini melakukan kegiatan di kecamatan dua koto dan SDN 15 Tabiang Kumpulan.

WhatsApp Image 2018-10-28 at 00.23.31
Raut muka yang sedih dan mata yang berkaca-kaca terlihat jelas diwajah pak wafiman ketika mengucapkan kata sambutan dan ucapan terima kasih kepada Tim Forum Masyarakat Peduli Kemanusian (FMPK) yang telah menyalurkan donasi dari berbagai elemen masyarakat baik di Sumatera Barat maupun dari luar Sumater barat. Donasi Tim FMPK kali ini disampaikan langsung kepada masyarakat Kampung Baru, Jorong Pembangunan, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman.
Penyaluran donasi tanggal 31 Oktober 2018 yang lalu disampaikan kepada 8 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terkena dampak langsung dengan kategori rusak berat dan rusak sedang tersebut disampaikan dalam bentuk uang tunai yang jumlahnya bervariasi, karena Tim FMPK berharap dana segar ini dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan yang mungkin tidak termonitor oleh donatur terhadap kebutuhan masyarakat.
Dalam kesempatan itu dihadiri juga oleh Wali Jorong Pembangunan serta ninik mamak dan tokoh masyarakat. Dalam sambutannya Prasetyo selaku Koordinator devisi Kebencanaan dalam FMPK yang didampingi Indral sebagai Koordinator Devisi Kependidikan serta Rezki selaku Koordinator Devisi Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa Donasi yang disampaikan ini merupakan Amanah yang diberikan oleh FMPK untuk masyarakat yang terkena dampak banjir pada tanggal 11 Oktober yang lalu,
Prasetyo juga menyampaikan bahwa sebelumnya FMPK telah melakukan penyaluran dana bantuan ke kecamatan Bonjol dan kali ini dilakukan pada Kecamatan Duo Koto, hal ini dilakukan untuk melihat bahwa FMPK punya kepedulian bagi seluruh masyarakat yang terkena dampak bencana banjir yang lalu.
Pada kesempatan yang berbeda pada tanggal 2 November 2018 FMPK mendatangi murid-murid Sekolah Dasar 15 Tabiang. Nagari Koto Kaciak. Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman guna penyaluran donasi dalam bentuk paket Alat Tulis Kertas yang dapat digunakan oleh siswa sebagai pengganti dari perlengkapan sekolahnya yang terkena bencana. Sebanyak 160 siswa terkena dampak dari datangnya banjir yang disertai dengan lumpur tersbut. Kerugian materil yang di alami murid-murid SD N 15 Tabiang ini beragam, mulai dari pakaian sekolah, sepatu, tas, buku-buku sampai pada alt tulis baik pensil maupun pena.
Donasi kali ini diterima dari Solidarita Tugu Gempa (STG) yang ada di kota Padang yang dikomandani oleh Awing, donasi ini ditujukan untuk meringankan beban orang tua dan juga menyiapkan agar anak kembali dapat beraktifitas.
Kepala Sekolah SDN 15 Tabiang pak Saleman menyampaikan ucapan terima kasih kepada STG di Padang melalui FMPK yang telah mebantu menyalurkan donasi ATK ini sehingga sampai pada murid-murid yang berhak menerimanya.
Dalam sambutannya FMPK yang diwakili oleh Indral menyampaikan bahwa FMPK untuk kegiatan tanggap bencana di Pasaman ini telah ditutup pada tanggal 31 Oktober yang lalu, namun FMPK tetap akan menerima bantuan kemanusiaan laiinya yang nanti akan ditetapkan oleh pengelola FMPK diarahkan kemana donasi selanjutnya. Prasetyo selaku koordinator Devisi Kebencanaan menegaskan bahwa untuk tahap selanjutnya FMPK mencoba menggalang dana untuk mengembalikan fungsi Pustaka SDN 15 Tabiang dengan mencrikan donasi untuk membeli buku-buku pelajaran sekolah.

(Laporan : Naga/Rangga )

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY