Sekkab Solsel Kembangkan Wisata, Disparbud tak Bisa Lupakan Media Massa

Sekkab Solsel Kembangkan Wisata, Disparbud tak Bisa Lupakan Media Massa

87 views
0

Solok Selatan, Poros Nusantara – Sekretaris Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Yulian Efi, menilai media massa punya peranan yang strategis untuk  memajukan pariwisata, peran pers dalam menyebar luaskan informasi tidak bisa ditinggalkan oleh pemerintah yang memang tengah fokus mengeksplor wisata daerah. ” Hal ini mesti disadari khususnya dinas terkait, bahwa pers harus selalu digandeng dalam kegiatan apapun karena peran mereka sangat penting untuk menjadi corong untuk  rangka mempromosikan sektor kepariwisataan di daerah ini “, tegas. Sekkab, saat temu pers yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solsel, di objek wisata Puncak Bangun Rejo (BRJ) Kamis , (13/7). 

Menurut Sekkab sehebat dan sebesar apapun kegiatan yang dilaksanakan akan kurang terlihat semarak dan besar di mata publik jika pers tidak ikut campur dalam menginformasikannya, beragam produk wisata dan ekonomi kreatif akan menjadi semakin menarik melalui karya jurnalistik yang dikemas dalam berbagai sudut pandang. ” Artinya, setiap destinasi wisata yang ada di Solsel tidak akan habis untuk diekplorasi menjadi daya tarik pariwisata oleh mereka insan pers, Kemudian karya itu akan dengan cepat sampai ke publik lewat arus perkembangan teknologi dewasa ini “, pungkasnya.

Terlebih lagi lanjut Sekkab, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pemerintah daerah Soslel saat ini sedang menggenjot  lajunya pertumbuhan wisata lokal dengan segala potensi yang ada, dengan demikian dukungan semua pihak khususnya insan pers sangat diharapkan begitu juga unsur lainnya sesuai fungsi dan tugas masing – masing.

Yulian Efi juga meminta kepada semua masyarakat tanpa terkecuali untuk selalu mengutamakan produk lokal termasuk aset wisata yang ada, ” kita semua wajib menjaga dan mengelola wisata yang ada bukan hanya kami di pemerintahan saja, tetapi masyarakat Soslel pada umumnya “, tutup Yulian Efi.

Senada Kabag Humas dan Protokol Setkab Solsel Firdaus Firman menyebutkan selaku media promosi, maka tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan dan kemajuan wisata sebuah daerah tak bisa dipisahkan dengan peran pers, pihaknya mendorong semua unsur pelaku pariwisata di Solsel bisa menjalin komunikasi yang baik khususnya dengan para pewarta di daerah itu. ” Bukan berarti komunikasi antara unsur pelaku pariwisata Solsel dengan wartawan di sini tidak berjalan baik selama ini namun, hal itu bisa dijalin agar makin baik dan terbuka ke depannya “.

Sementara itu, Kepala Disparbud Solsel Harri Trisna mengaku selain kegiatan temu pers yang digelar itu sebagai ajang menjaga silaturahmi, juga bertujuan untuk meningkatkan wisatawan ke Solsel dengan merangkul peran media pihaknya juga bertekad untuk membuka keran komunikasi seluasnya bagi wartawan yang menginginkan data terkait wisata.

” Tentu tanpa harus meninggalkan fungsi kontrol kalangan pers, kalau ada riak – riak kecil yang kemudian melahirkan kritik yang membangun mohon disampaikan langsung kepada kami “, ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Solsel Amdani, Sekretaris Disparbud Solsel Yolni Hendra, Kabid Pengembangan Sumberdaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbud Solsel Deni Yuliandra, dan Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis dan Destinasi Kepariwisataan Aig Wadenko.

 

( Laporan : Sudirman R )

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY