Tingkatkan Kualitas Sektor UMKM, BI Gelar Program Pengembangan Wirausaha

Tingkatkan Kualitas Sektor UMKM, BI Gelar Program Pengembangan Wirausaha

38 views
0

Padang, Poros Nusantara – Sebagai upaya pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Barat, Bank Indonesia (BI) akan menggelar program pengembangan wirausaha untuk UMKM di wilayah Sumatera Barat.

Program tersebut bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang untuk sosialisasi program kepada UMKM yang ada di Sumbar. Pendaftaran program tersebut dimulai sejak 11 Mei hingga 11 Juli 2018.

Staf  Bank Indonesia Bidang Pengembangan Ekonomi, Ayu Rahma menjelaskan bahwa kriteria wirausaha yang dapat mengikuti diutamakan di bidang makanan, minuman, fashion hingga kerajinan yang mengangkat ciri khas Provinsi Sumatera Barat. ” Hingga saat ini terdapat sekitar 50 UMKM yang sudah mendaftar, sedangkan target peserta sebanyak 125 UMKM “, ucapnya.

Sedangkan seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap diantaranya tes tertulis berupa psikotes terhadap pemilik UMKM  pada 17 Juli 2018 di Aula BI, tes dalam untuk mengetahui karakter pemilik UMKM pada 13-15 Agustus 2018 dan seleksi terakhir yang akan dipilih sebanyak 20 UMKM yang menjadi mitra wirausaha BI.

Nantinya 20 UMKM terpilih tersebut akan mendapatkan 2 tahun kerjasama dengan Bank Indonesia dengan harapan dapat mempermudah akses dalam berwirausaha maupun mendapatkan pembekalan pribadi sebagai pelaku wirausaha.

 

( Laporan : Risang )

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY