Jokowi Kunjungi Proyek Bendungan Paselloreng Gilireng

Jokowi Kunjungi Proyek Bendungan Paselloreng Gilireng

185 views
0

WAJO SULSEL, POROS NUSANTARA – Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi Widodo (Jokowi) mengunjungi Bendungan Paselloreng, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, Selasa 3 Juli 2018.

Dalam kesempatan itu, Jokowi datang bersama ibu negara Hj Iriana Jokowi Widodo,  yang didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadilmuljono.  Rombongan PresidenRI  Ke.VII, disambut Wakil Bupati Wajo HA Syahrir Kube Dauda (ASK) bersama Istri Hj Andi Ukmah Anas Kaliobo.

www

Di hadapan awak media, Jokowi menyampaikan, bahwa  Bendungan Paselloreng nantinya akan menampung air sekira 138 juta  meter kubik dengan mengairi 7.000 hektare areal persawahan. “Sekarang Kita berada di Bendungan Paselloreng,  di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Wajo.

“ Bendungan yang nantinya bisa menampung kurang lebih 138 juta meter kubik, kita harapkan bisa mengairi kurang lebih 7. 000 hektare sawah, “ujarnya Jokowi menambahkan, jika keberadaan Bendungan Paselloreng sangat besar, hal tersebut dikarenakan memiliki luas 2.165 hektare. Masing-masing, 365 hektare tanah milik negara dan 1.800 hektare merupakan tanah milik masyarakat. ” Ini bendungan yang sangat besar karena ada 365 hektare dari tanah milik negara, ditambah dengan pembebasan lahan kurang lebih 1800 hektare milik masyarakat,”jelasnya.

Kedepannya, Jokowi berharap, bendungan tersebut nantinya juga dijadikan sebagai sumber air baku bagi masayarakat. Selain itu, juga akan berfungsi sebagai pembangkit listrik. “Kita harapkan dari bendungan ini nanti bisa dijadikan air baku bagi masayarakat sekitar dan juga untuk pembankit listrik, kurang lebih 2,5 mega wat. saya rasa itu bisa saya sampaikan,”ungkapnya Menanggapi pertanyaan awak media, Jokowi menjelaskan jika proses pengerjaan bendungan Paselloreng telah mencapai 73 persen, Kata dia.

Mengenai   pembebasan lahannya tinggal dilakukan pembayaran, kalau masyarakatnya sudah oke, target kita dibulan oktober selesai semuanya,”katanya Menurut Jokowi, sebanyak 49 bendungan yang telah dibangun yang kesemuanya itu untuk swasembada pangan. “49 bendungan yang kita bangun arahnya adalah menyiapkan air, untuk irigasi  pertanian dan larinya nanti ke swasembada pangan.  Bendungan yang dikerjakan  3-4 tahun lalu  ada 8 bendungan yang akan selesai,” Ujarnya.

Pantauan  Poros  Nusantara Sebelum berkunjung ke lokasi bendungan Paselloreng. Jokowi bersama rombongan juga menyempatkan diri berkunjung ke lokasi padat karya Kelurahan Mappadaelo, Kecamatan Tanasitolo. Dilokasi tersebut, Jokowi disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Wajo  Andi  Tenri Liweng. Sedang  Bupati Wajo, HA Burhanuddin Unru ikut bersama rombongan Presiden Republik Indonesia.

Dimana  Presiden RI Ke.VII Joko widodo  bermalam di Hotel Sermani Kota Sengkang, Kabupaten Wajo sebelum berkunjung ke lokasi padat karya Tanasitolo dan proyek bendungan Paselloreng, Gilireng ke esokan harinya.

*Marsose

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY