Lima Calon Ramaikan Bursa Kandidat Ketua Inkindo NTT

Lima Calon Ramaikan Bursa Kandidat Ketua Inkindo NTT

101 views
0

KUPANG.POROSNUSANTARA – Sebanyak lima calon menyatakan kesiapannya untuk bersaing pada pemilihan ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) NTT, pada Musyawarah Provinsi (Musprov) Inkindo ke 9 tahun 2018.

Musprov yang digelar 4 tahun sekali ini selain memilih pengurus baru juga mengevaluasi program kerja 4 tahun sebelumnya dan membahas program kedepan untuk masa bakti 2018-2022. Adapun para calon yang siap maju pada Musprov Inkindo NTT yang digelar, Sabtu (12/5) yakni, Ir. Tanto E H Sunukmo (petahana), Luhut Manalu, ST, MT, Ir. Sutikno, Yoseph Liem, ST, Yulandharu G Siswanto, ST.

Ketua Panitia Pelaksana Musprov Inkindo NTT ke 9, Ir. Mutakim, dalam jumpa pers dengan wartawan di Swiss Bellin Hotel, Jumat (11/5) menjelaskan, kegiatan Musprov Inkindo ini rutin dilaksanakan setiap 4 tahun sekali. Proses untuk mendapatkan calon yang siap mengikuti pemilihan pada Musprov, Sabtu (12/5), mekanisme dilakukan melalui dua tahap yakni pencalonan dilakukan oleh semua anggota Inkindo yang berhak memilih.

“Dari seleksi panitia pemilihan didapatkan 34 orang memenuhi syarat pertama dimana pernah menduduki pimpinan harian. Setelah seleksi lagi berkurang menjadi 12 orang. Ini karena ada yang meninggal dunia, ada yang sudah tidak menjadi anggota lagi. Kemudian dari 12 ini ada satu persyaratan sebelum menjadi calon maka ada pernyataan kesediaan dan yang bersedia hanya 5 orang. Lima inilah yang akan kita usung pada pencalonan karena dari sebaran nama ke anggota semua mendapat dukungan untuk dipilih,” jelasnya.
inkindo ntt 2
Proses selanjutnya, kata Mutakim, panitia memberikan nomor urut yakni nomor urut satu atas nama Yulandharu G Siswanto, ST, urutan kedua Yoseph Liem, urutan ketiga, Ir. Sutikno, urutan keempat, Luhut Manalu, ST, MT, dan urutan kelima, Tanto E H Sunukmo (petahana). Kelima kandidat ini sudah menduduki jabatan pimpinan harian pada periode sebelumnya.

Menyinggung soal jumlah anggota yang berhak memilih, Mutakim mengatakan, ada 85 orang dari total 114 anggota. Kenapa tidak semua berhak karena ada hal teknis yang membatasi seperti tunggakan iuran misalnya sudah dua tahun maka tidak berhak.

“Besok itu tinggal pemilihan terhadap lima kandidat ini. Prosesnya sudah siap. Jadi ada peserta dan peninjau. Peserta berhak memilih sedangkan peninjau boleh omong tapi tidak berhak memilih. Nanti ada penyampaian visi misi para calon dan 85 itu siap satu persatu memilih satu dari lima calon itu,” jelasnya.

Petahana Inkindo NTT, Tanto Sunukmo mengatakan, Inkindo itu hanya dua tingkatan yakni di provinsi dan pusat, tidak ada di kabupaten/kota. Inkindo ini merupakan salah satu asosiasi perusahaan jasa konsultan di Indonesia dimana keanggotaan berupa perusahaan bukan orang. Musprov kali ini, kata Tanto, selain melakukan evaluasi dan pertanggungjawaban juga pemilihan pengurus baru masa bakti 2018-2022.
“Adapun tema yang kita ambil pada Musprov ini adalah penguatan anggota untuk mewujudkan jasa konsultan yang berintegritas, profesional dan inovatif. Ini bagian dari visi Inkindo secara umum dan ini kita ambil sebagai tema pada Musprov besok. Kita juga akan bahas rencana empat tahun kedepan nanti,” kata Tanto.

Tanto menambahkan, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastuktur di seluruh Indonesia. Bagi Inkindo ini menjadi tugas utama perencana dan pengawas terutama jasa konstruksi. Untuk itu kedepan Inkindo memperkuat anggota berupa integritas dan kompetensi anggota supaya dalam melaksanaan profesi bisa baik dan bertanggung jawab.(erni amperawati).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY