Presiden Jokowi Kunjungi Kapolsek Segudang Prestasi

Presiden Jokowi Kunjungi Kapolsek Segudang Prestasi

361 views
0

Sawahlunto, Poros Nusantara – Sebagai abdi negara yang selalu setia dan membela negara serta menjaga keutuhan NKRI, Iptu Efriadi Kapolsek Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto ini tidak lupa dengan motto polisi Republik Indonesia (POLRI) yakni Melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat di wilayah hukum kerjanya.

Pria berdarah Minang dan Medan ini dimana dia bertugas selalu disenangi masyarakat karna dia tahu benar siapa dirinya. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Efriadi yang familiar disapa Fredy ini mempunyai segudang inovasi dan selalu direalisasikannya.

Sewaktu menjadi Kapolsek Barangin Kota Sawahlunto dan menjabat selama 1 tahun 2 bulan dia bersama anggotanya bisa merubah dan menata bentuk keindahan Polsek Barangin dan mendirikan sebuah Mushalla untuk Masyarakat sekitarnya dengan swadaya masyarakat dan partisipasi masyarakat yang sangat antusias, untuk penyelesaian atau finishing Mushalla dilanjutkan oleh Kapolsek IPTU Dani Salman,SH.

Selama menjabat Kapolsek Muara kalaban sampai saat ini 1 tahun 11 bulan, Efriadi yang selalu bermitra dan dekat dengan masyarakat terutama dengan rekan-rekan wartawan ini selalu berfikir bagaimana mengubah kondisi kantor kapolseknya yang letaknya di simpang jalan Lintas Sumatera dan pas di gerbangnya menuju kota tua kota Wisata Tambang yang berbudaya ini.

Inovasinya mulai diimplementasikan di lapangan. Dalam waktu yang singkat Efriadi sanggup mengubah kantornya dan berkat kepiawaiannya berbagai bantuan/sumbangan datang dari masyarakat. Akhirnya kantor Kapolsek ini selesai juga dengan megah.

Sewaktu Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko widodo dating berserta rombongan mengadakan kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional terutama di Kota Sawahlunto untuk mengunjungi rumah wartawan senior Adi Negoro di KecamatanTalawi, begitu melihat kantor kapolsek yang megah tak disangka Presiden Joko Widodo  tertegun dan tertarik langsung turun dan berjalan kaki masuk ke dalam kantor Polsek sehingga membuat Pejabat Teras kota ini, walikota terkecoh dibuatnya.

Inilah satu satunya kantor Kapolsek yang dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia. Ketika ditanya inovasi yang lain Efriadi mengatakan Inovasi dan implementasi tetap berjalan terutama Pembinaan Kamtibmas dengan metode melaksanakan shalat magrib berjamaah dengan jajarannya bersama masyarakat di masjid dan mushalla ditiap dusun dan desa serta mengadakan kegiatan sosial berupa santunan anak yatim dan fakir miskin.

Di samping kegiatan sosial Efriadi juga mengadakan kegiatan Seni Budaya Tradisional seperti Randai, Salawat Dulang dan rebana di Polsek Muara kalaban. Tak luput juga kegiatan kesenian yang sangat diminati masyarakat yakni Bagamaek. Setiap diadakannya kegiatan ini Efriadi selalu mengundang pihak Polres Kota Sawahlunto, Ninik Mamak, tokoh masyarakat di kota ini sehingga acara menjadi semarak karena masyarakat juga disediakan konsumsi, snack.

Melihat hal ini Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Silungkang Syahruddin Datuak Panghulu Basa memberikan apresiasi berupa Piagam Penghargaan terhadap Kapolsek beserta jajarannya yang telah melaksanakan tugas dalam membina kamtibmas di Kecamatan Silungkang, ungkap Efriadi.

(Laporan : MUK Yanto)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY