Gubernur NTT Siap Launching E-Arsip 2018 di Kupang

Gubernur NTT Siap Launching E-Arsip 2018 di Kupang

153 views
0

Kupang, Poros Nusantara – Peluncuran E-Arsip menuju tahun 2018 untuk tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilaunching Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, di Kupang, gubernur juga akan menandatangani komitmen bersama pemerintah kabupaten/kota dimulainya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Launching E-Arsip akan digelar dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi E-Arsip, di Hotel Swiss Belin Kristal, di Kupang, Selasa (15/5/2018). Launching E-Arsip dilaksanakan sejalan dengan ditetapkannya provinsi NTT sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 47 tahun 2018.

Dalam siaran Pers Biro Humas Setda NTT yang diterima PorosNusantara, Rabu (9/5/2018) menyebutkan, pada kegiatan ini dipastikan hadir pada puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 47 di Kupang antara lain, Menteri PAN-RB, Asman Abnur, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan dan Kepala Perpustakaan Nasional, Muh. Syarif Bando. Juga diundang hadir, para Kepala Dinas (Kadis) Kearsipan provinsi se-Indonesia, Kadis Kearsipan kabupaten/kota se-Indonesia serta para pejabat eselon I dan eselon II lingkup ANRI.

Kepala Dinas Kearsipan NTT, Drs. Lambertus Ibi Riti,MT, Selasa (8/5/2018), mengatakan selain peluncuran E-Arsip, dilakukan juga penandatanganan sertifikat komitmen gerakan nasional sadar tertib arsip tingkat kabupaten kota se-NTT oleh Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore dan Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula.

“Jadi secara regional, seluruh perangkat daerah telah berada dalam koridor kerjasama dalam penataan, pengelolaan dan penyelamatan arsip. Dengan begitu, seluruh perangkat daerah secara pasti berada dalam satu sistem, baik sistem kearsipan dinamis maupun kearsipan statis,” ungkap Lamber Ibi Riti.
Selain itu, jelas Lambertus Ibi Riti, akan diserahkan aplikasi SIKD dan Citra Daerah dari Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, kepada Gubernur Lebu Raya. Dan penyerahan arsip statis berupa fofo Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dari masa ke masa oleh Kepala Biro Humas NTT, Semuel Pakereng, kepada Kadis Kearsipan NTT untuk disimpan dalam Depot Arsip. Disusul penyerahan foto Ketua dan Wakil-wakil Ketua DPRD NTT dari masa ke masa oleh Sekretaris DPRD, Thobias Ngongo Bulu.

Dia menjelaskan, jelang puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 47, selain kegiatan Rakornas SIKD Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi E-Arsip, dilaksanakan berbagai kegiatan. Yaitu, digelar Temu Konsultasi bagi Pimpinan Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota se-NTT dan dirangkai dengan wawancara sertifikasi Arsiparis, di Hotel Pelangi, Kupang, Minggu (13/5/2018).
Menurut Lambert Ibi Riti, uji kompetensi jabatan fungsional Arsiparis tingkat provinsi NTT melalui wawancara, dilakukan secara langsung oleh Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI, Andy Kasman, didampingi Direktur SDM Kearsipan ANRI, Sita Azih Supratiwi. Sedangkan narasumber utama (keynote speech) dalam temu konsultasi itu, menghadirkan Kepala ANRI,Mustari Irawan dan Kadis Lambertus Ibi Riti.

“Jadi, terdapat 14 Arsiparis dari 159 Arsiparis tingkat provinsi NTT yang akan diwawancarai. Kondisi Arsiparis di NTT saat ini berjumlah 159, terdiri dari 91 orang calon Arsiparis yang telah mengantongi rekomendasi ANRI dan sedang menunggu surat keputusan Gubernur dan 68 Arsiparis,” paparnya.
Dikemukakan Lambertus Ibi Riti, Dinas Kearsipan NTT sejak tahun 2017 telah menyiapkan sebanyak 8.080 box arsip yang menyimpan 16.000 file dan siap dimasukan dalam database Depot Arsip NTT. Diharapkan melalui aplikasi E-Arsip, nantinya di provinsi NTT tidak lagi mengalami permasalahan dalam penataan, pengelolaan dan penyelamatan arsip.

Selanjutnya untuk kegiatan sosialisasi Undang-Undang (UU) nomor: 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, direncanakan  berlangsung di Hotel Neo by Aston, Kupang, Senin (14/5/2018). Lambertus Ibi Riti, menjelaskan kegiatan sosialisasi tersebut, menghadirkan pembicara Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi, bersama Kepala Biro Kepegawaian dan Hukum ANRI. Acara dilengkapi dengan pelantikan pengurus Asosiasi Arsiparis tingkat wilayah NTT yang bertujuan untuk menciptakan jabatan fungsional Arsiparis.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah NTT, Benediktus Polo Maing, memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh jajaran dan personil Dinas Kearsipan NTT dalam menata sistem kearsipan secara online. Sekda, berharap melalui penataan arsip secara terpusat di Depot Arsip, maka akan berkontribusi pada kelancaran pelayanan di semua jenjang perangkat daerah, terutama perangkat daerah yang berkaitan dengan pelayanan publik.

(Laporan : Erni Amperawati)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY