PAKET TERKINI TIDAK MAU SEKEDAR IKUT RAMAI

PAKET TERKINI TIDAK MAU SEKEDAR IKUT RAMAI

37 views
0
SHARE

KUPANG, POROS NUSANTARA – Pesta politik pilkada serentak di 10 Kabupaten di NTT umumnya dan Kabupaten Kupang khususnya sebentar lagi akan digelar. Satu diantara beberapa paket yang sudah menyatakan kesiapan untuk maju bertarung di Kabupaten Kupang adalah paket bakal calon Bupati Kupang, Silfester Banfatin  dan bakal calon Wakil Bupati Kupang,  Johanis Oettemossoe atau tagline TERKINI. Paket ini bertarung untuk merebut kursi nomor satu dan dua di Kabupaten Kupang bukan sekedar ikut ramai, tetapi telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari karena targetnya harus menang. Kemasan program untuk menghantar Kabupaten Kupang ke arah yang lebih baikpun sudah dirancang dengan baik.

Paket TERKINI ketika ditemui Poros Nusantara, sebelum acara deklarasi Kebangsaan Paket Esthon-Christ di GOR Oepoi Kupang, Sabtu (7/10/2017) dengan sempurna menyampaikan soal kesiapan paket ini bertarung nanti.

Silfester Banfatin menguraikan, paket TERKINI semakin mantap melangkah maju karena sudah didukung Partai Amanat Nasional (PAN) dan dalam waktu dekat akan mendapat dukungan dari Partai Gerindra. Dengan dukungan dua partai ini maka langkah berikutnya adalah mendeklarasikan diri dan segera bekerja mensosialisasikan kehadiran paket ini kepada masyarakat Kabupaten Kupang.

Menurut Banfatin, dirinya sangat yakin paketnya akan lolos karena berdasarkan hasil survei menunjukan paket ini cukup tinggi. Intinya saat ini Paket TERKINI sudah mendapat dukungan dari PAN, tinggal menunggu keputusan Partai GERINDRA saja yang akan mendapatkan dukungan dalam waktu dekat ini.

“Saya karena bukan kader partai, maka sudah melamar ke Gerindra. Saya optimis diterima karena hasil survei TERKINI cukup tinggi. Dan ini menunjukkan masyarakat Kabupaten Kupang menginginkan Terkini. Dengan 8 kursi dari PAN dan Gerindra maka Terkini sudah layak maju dalam Pilkada Kabupaten Kupang 2018.” tegas Banfatin optimis.

Menurut Bafatin,  Visi-Misi Paket TERKINI yang dirancang yaitu  revolusi pertanian, Reformasi Birokrasi, reformasi wilayah pemerintahan, peningkatan kualitas SDM  aparatur, penyelesaian masalah kemanusiaan, pemberdayaan ekonomi pemuda, peningkatan produksi sapi. Visi-misi ini dirancang dengan melihat realita yang ada dan paket ini akan sanggup menjawabinya.

“Kami bertekad jika terpilih maka akan lakukan revolusi pertanian. Aras pembangunan  Kabupaten Kupang harus  menyentuh langsung bidang pertanian. Kami berharap masyarakat  bisa memahami apa visi-misi Terkini yang sudah kami paparkan dalam sosialisai jika inginkan Terkini memimpin Kabupaten Kupang periode 2018-2023,” katanya.

Menurut Banfatin, Ide-ide  program pembangunan yang sudah ditawarkan dan yang paling mengemuka adalah bahwa seharusnya sentuhan aras pembangunan harus diprioritaskan pada sektor pembangunan pertanian. Karena alam sudah tidah ramah. Sehingga pola pikir masyarakat petani  harus ada perubahan dalam pengembangan pertanian.  Lewat revolusi pertanian maka harus ada hal-hal baru yang ditanamkan bagi masyarakat sehingga ekonomi masyarakat semakin meningkat. Harus juga diciptakan iklim yang mencegah terjadinya Capital Fligth yang tinggi di Kabupaten Kupang. Artinya perputaran uang bukan terjadi di Kabupaten tapi di Kota. Karena belum tersedianya pasar induk di Kabupaten dimana semua orang menjual hasil pertanian, perkebunan dan peternakan di satu pasar induk yang berada di Kabupaten sehingga orang Kota akan ke Kabupaten membelanjakan uangnya. Bukan harus dibawa ke Kota sehingga terjadi cost yang tinggi. Uang harus berputar banyak di kabupaten.

Banfatin menegaskan, percepatan pembangunan juga  harus dilakukan di semua  sektor.  Bidang SDA melalui energi baru dan  terbarukan  yang masih menjadi  kewenangan kabupaten harus dikelola. Kabupaten masih bisa kelola seperti biogas yang kabupaten Kupang punya potensi sangat besar tapi belum disentuh secara sistemik. Padahal di kabupaten Kupang itu merupakan potensi yang sangat berprospek cerah. Khusus hasil tambang mangan akan dikaji lagi secara mendalam.

Sektor lain yang jadi perhatian paket Terkini, lanjut Banfatin,  revolusi pengembangan wilayah pemerintahan. Persiapan menjadikan  wilayah kabupaten baru agar bisa  mendorong percepatan pembangunan. Selain itu sektor Pariwisata juga adalah satu aspek yang akan jadi perhatian. Dirinya berpendapat bahwa pariwisata Kabupaten Kupang yang besar masih dikelola  oleh  orang yang bukan  ahli dibidang pariwisata.  Dengan begitu, akan memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan PAD Kabupaten Kupang.

Tentang kebutuhan dasar manusia yaitu  air, Banfatin berpendapat  bahwa  harusnya  menjadi tanggung jawab pemerintah. Yaitu  pemerintah  harusnya menyediakan air bagi rakyat bukan cuma untuk  minum tapi juga untuk kebutuhan lain seperti pertanian yang jadi jantung perekonomian masyarakat Kabupaten Kupang.Pemerintah harusnya  membangun embung yang besar. Satu tahun 24 embung dengan standar Rp 2,5 miliar maka dalam  5 tahun kedepan kabupaten Kupang akan sejahtera. Jadi selain untuk  kebutuhan minum tapi untuk perkebunan dan pertanian. Tapi pemerintah harus proteksi  harga pasar dan bangun pasar induk.

Menyinggung soal pembanguan  infrastruktur jalan, Banfatin menjelaskan, Paket  Terkini sudah menargetkan dalam  setahun akan dibangun jalan 85 kilometer dengan bobot keuangan Rp 1,3 triliun. Paket Terkini optimis bisa dibangun. Jika APBD Kabupaten Kupang kurang, maka bisa  meminta bantuan  ke provinsi dan pusat, asalkan membangun konetivitas yang baik dan harmonis.

” Analisis saya tentang infrastruktur yang baru 2 tahun bangun sudah rusak. Mutunya asal-asalan. Sehingga  harus bangun konektivitas dengan provinsi dan pusat tentang masalah anggaran sehingga bisa dibangun jalan dengan mutu yang baik dan kuat. Saya dan pak Jon sudah rencanakan bahwa jika Terkini dipercaya maka kami targetkan setahun akan bangun jalan 85 kilometer dengan bobot anggaran Rp 1,3 triliun. Infrastruktur jalan sangat penting bagi pemasaran hasil pertanian, perkebunan dan peternakan,” tambahnya.

Dirinya menegaskan kembali soal dukungan dari Partai Gerindra pada paket ini. Menurutnya, alasan dirinya bukan dari latarbelakang partai tetapi birokrat maka wajib hukumnya untuk melamar.Jika diterima maka itu patut disyukuri. Dirinya sangat yakin lamarannya pasti diterima Gerindra karena ada ide besar yang ingin dilaksanakan di Kabupaten  Kupang yaitu revolusi pertanian,   pengembangan wilayah  pemerintahan, penyelesaian masalah kemanusian yang  harus dituntaskan, reformasi birokrasi dengan peningkatkan kualitas aparatur (SDM aparatur) dan juga SDM masyarakat dengan program beasiswa bagi mahasiswa sarjana pertanian dan tenaga dokter.

“Jangan takut jika setiap tahun 15 orang  dibiayai pemerintah kuliah dokter. Kabupaten Kupang sangat butuh dokter. Bayangkan Amfoang dengan 6 kecamatan  cuma punya satu dokter.  Beasiswa setahun 20 orang untuk sarjana pertanian.Program lain adalah peningkatan kabupaten  Kupang sebagai penghasil sapi seperti salah satu dari  6 tekad pemerintah Provinsi NTT.Saya karena adalah orang Provinsi (PNS di Lingkup Setda Provinsi-Red),  maka saya ada niat besar untuk membawa 6 tekad pembangunan provinsi NTT ke Kabupaten Kupang. Namun yang paling utama adalah  pemberdayaan ekonomi  pemuda yang  menjadi prioriitas besar dari kami berdua- paket Terkini. Pemuda tidak boleh terpinggirkan dan  saya akan siapkan anggaran Rp 20 miliar untuk  pemberdayaan pemuda.” jelas Banfatin.

Balon Wakil Bupati Kabupaten Kupang,  Jon Oetemusu,  menjelaskan bahwa  persiapan strategi pemenangan paket Terkini sudah dipersiapkan sejak tiga tahun lalu. Dirinya mengakui baru 13 bulan berencana untuk maju tapi Silfester Banfatin sudah sejak tiga tahun lalu mempersiapkan diri untuk maju dan menggandeng dirinya. Saat ini sudah ada pembentukan tim dari tingkat RT. Dukungan dua partai sudah lebih dari  cukup bahkan lebih satu kursi.

Jon Oetemusu yang juga Dirut PDAM Kabupaten Kupang  ini juga menyatakan bahwa program pembangunan urgent bagi Kabupaten saat ini ada revolusi pertanian dengan fokus perhatian adalah masalah air. Intinya Paket Terkini sudah mempersiapkan program prioritas sesuai visi misi dan tekad Terkini. Paket ini maju bukan sekedar ikut ramai tetapi sudah bertekad untuk menang dan membuat perubahan besar di Kabupaten Kupang. Daerah ini harus dikelola secara baik karena potensinya cukup besar tinggal kemauan saja untuk menggali potensi yang sudah ada sehingga bisa berdayaguna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kupang bukan hari ini saja tetapi pada masa yang akan datang.

(Laporan : Erni Amperawati)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY