JABATAN ADALAH AMANAH YANG HARUS DIJAGA

JABATAN ADALAH AMANAH YANG HARUS DIJAGA

25 views
0
SHARE

KUPANG, POROS NUSANTARA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur, M Diah, mengambil sumpah dan melantik pejabat struktural keimigrasian dan pemasyarakatan, pembimbing kemasyarakatan serta pejabat notaris. Acara yang berlangsung di Aula Kanwil Hukum dan HAM NTT, Senin (9/10/2017), dihadiri pimpinan tinggi pratama, pejabat administrasi, para kepala UPT lingkup Kementerian Hukum dan HAM NTT, pejabat pengawas dan para Rohaniawan.

jabatan adl amanahM Diah dalam sambutannya mengatakan, jabatan adalah sebuah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik, terutama amanah dari masyarakat NTT yang memiliki harapan guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik, secara material maupun spiritual. Menurutnya, berhasil atau tidaknya pembangunan di NTT secara keseluruhan, sangat tergantung pada kinerja masing-masing komponen atau satuan kerja termasuk di lingkungan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM NTT. Dikatakannya, keberhasilan dalam satuan kerja/unit kerja akan ditentukan oleh para pejabatnya. Oleh karena itu, dirinya meminta adanya kerja sama yang solid, sinergis dan rasa tanggung jawab moral yang tinggi atas kepercayaan jabatan yang diberikan oleh pimpinan.

Dengan upaya yang sungguh-sungguh,iklas dan bersabar atas segala kendala dan selalu bersyukur, maka kinerja yang baik dapat dicapai. M Diah menegaskan, mutasi pejabat, mengacu pada evaluasi kinerja para pejabat dalam melaksanakan amanah yang diemban serta didasarkan pada kebutuhan organisasi, untuk menjawab tantangan yang dihadapi agar kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI lebih baik lagi, khususnya di Kanwil Hukum dan HAM NTT. “Saya tegaskan mutasi pejabat mengacu pada evaluasi kinerja para pejabat dalam melaksanakan amanah yang diemban serta didasarkan pada kebutuhan organisasi. Mutasi/promosi tersebut, tidak semata-mata didasarkan kewenangan, tetapi juga memperhatikan norma-norma kepegawaian yang berlaku, kinerja kompeten, integritas, dan berbagai aspek manajemen sumber daya manusia, serta dilakukan dengan cermat dan matang,” tegasnya.

Kakanwil NTT juga berharap, para pejabat di lingkungan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM NTT, khususnya pejabat yang di lantik, harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Kedua, memberikan pengertian dan motivasi serta keteladanan tentang pentingnya disiplin kerja. Ketiga, dalam melaksanakan tugas selalu melakukan identifikasi masaalah dan mengembangkan alternatif pemecahannya serta menentukan alternatif terbaik berdasarkan asumsi-asumsi yang obyektif dan logis. Keempat, selalu meningkatkan kinerja pribadi,unit kerja maupun keseluruhan organisasi termasuk didalamnya menjalankan tugas-tugas atau mendorong suatu cara kerja baru yang inovatif dan kreatif. Kelima, menciptakan dan mendorong terjadinya interaksi, keselarasan/sinergi dan kerja sama yang kondusif. Keenam, selalu konsisten untuk menunjukkan perilaku sebagai seorang pemimpin yang beretika. Ketujuh, menjaga netralitas ASN sebagai aparatur dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik.

(Laporan : Erni Amperawati)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY