DUA DESA DI SEMAU JADI KAMPUNG KB

DUA DESA DI SEMAU JADI KAMPUNG KB

44 views
0
SHARE

OELAMASI, POROS NUSANTARA – Pemerintah Kabupaten Kupang dibawa kepemimpinan Bupati, Dr. Ayub Titu Eki dan Wakil Bupati, Korinus Masneno, menjawabi program pemerintah pusat mengenai kampung keluarga berencana (KB). Baru-baru ini telah ditetapkan 2 desa di 2 Kecamatan di Pulau Semau yakni Desa Uitiuhana di Kecamatan Semau Selatan dan Desa Uiasa di Kecamatan Semau, secara resmi telah dicanangkan menjadi kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan kedua desa tersebut dilakukan oleh Bupati Kupang, Ayub Titu Eki yang diwakili camat masing-masing diantaranya Camat Semau Selatan,  Gasper Ndolu, untuk Desa Uitiuhana  pada Selasa (12/9/2017) lalu di Gedung GMIT Elim Oetefu Kecil  dan Camat Semau, Jhoni Ukat, untuk Desa Uiasa, Rabu (13/9/2017) di Gedung GMIT Sonaf Mole Desa Uiasa. 

Bupati-KupangDalam siaran pers Humas Pemkab Kupang yang di peroleh Poros.Nusantara, Selasa (27/9/2017) diuraikan bahwa pada pencanangan ini Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Kupang, Anshar Usman menyatakan,  pencanangan Kampung KB merupakan instruksi langsung Presiden dalam rangka membangun kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan terencana. Dijelaskan Anshar,  pembentukan Kampung KB di dua desa di Pulau Semau tidak melarang masyarakat untuk mempunyai anak melainkan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengatur dan merencanakan kehidupan keluarga yang lebih baik lagi.

Pembentukan Kampung KB, lanjut Anshar,  dilandasi program Nawacita terkhusus Nawacita ke 3, membangun Indonesia dari pinggiran, Nawacita ke 5 masyarakat memiliki kehidupan yang lebih baik dan nawacita ke 8 membangun karakter bangsa diharapkan menyentuh kehidupan masyarakat. Melalui Kampung KB desa terpilih diharapkan menjadi inspirasi bagi desa lainnya sehingga dapat memiliki pola dan kehidupan yang baik seperti masyarakat di desa yang telah dicanangkan menjadi kampung KB. Beberapa hal penting yang akan dilakukan masyarakat ialah memiliki administrasi kependudukan yang rapi an teratur, masyarakat juga dapat merencanakan kehidupan keluarga yang semakin baik, mengatur jarak dan jumlah anak yang dilahirkan, mengatur dan merencanakan pendidikannya agar kehidupannya menjadi lebih baik lagi.

Kades Uitiuhana, Jhon Th. Batuk menyatakan rasa terima kasihnya atas pemilihan Desa Uitiuhana menjadi Kampung KB. Dijelaskan Jhon, di desanya merupakan desa dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan  Semau Selatan, akseptor terbanyak dan memiliki keluarga muda yang cukup banyak sehingga menjadi kampung KB diharapkan akan memacu kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi. Sementara  Kades Uiasa, Daud Nenokeba menyatakan,  akan menyukseskan desanya menjadi Kampung KB. Dirinya menjelaskan bahwa masyarakat di desanya sangat mendukung program ini dan diharapkan dapat berjalan secara baik dan menjadi contoh bagi desa-desa tetangga lainnya.

(*/Siaran Pers Humas Kabupaten Kupang/erni amperawati)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY