WARGA DESA LODAYA BEREBUT HASIL BUMI DALAM ACARA RUWATAN

WARGA DESA LODAYA BEREBUT HASIL BUMI DALAM ACARA RUWATAN

50 views
0
SHARE

PEMALANG, POROS NUSANTARA – Ratusan warga Desa Lodaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Jawa Tengah berebut gunungan hasil bumi yang di sediakan dalam acara ruwat bumi yang diadakan warga desa di depan Balai Desa Lodaya, Sabtu 23/9/2017.

RUWATANWarga berebut sesaji gunungan hasil bumi yang berupa macam-macam sayuran ,buah-buahan ,padi dan palawija dari hasil bumi Desa Lodaya. Do’a yang di panjatkan dalam ruwatan tersebut oleh Ustad sebagai tetua Desa Lodaya bikin merinding seluruh pengunjung hingga Didit Kepala Desa lodaya mendengar do’a yang di panjatkan banjir air matanya, dirinya merasa trenyuh dengan kalimat yang mendoakan dirinya dan warganya agar terhindar dari mara bahaya yang menimpa warga desa nya.

RUWATAN.2Didit kepala desa lodaya mengatakan “acara ini di selenggarakan sebagai wujud rasa syukur kita atas berlimpahnya hasil bumi warga kami dan rencana ke depan akan di adakan tiap dua tahun sekali karena ini baru pertama di adakan tapi warga sangat antusias dan kami tidak menyangka akan banyak yang hadir seperti ini”, begitu ungkapnya kepada media.

Menurut Ki Dalang Suyadi yang meruwat desa dirinya mengatakan “yang di ruat adalah areal persawahan dan pedukuhan hingga batas desa agar terhindar dari mara bahaya, kemudian lanjutnya, ruwat yang saya baca secara orang jawa itu lahirnya padi, watu gunung yaitu palawija, hewan, tumbuhan dan manusia” begitu ungkapnya menjelasakan kepada media. Warga desa dari perkumpulan setia hati teratai sendiri saat di tanya mengatakan “warga sini hampir mayoritas dari setia hati teratai sangat senang dengan acara semacam ini dan berharap bisa di adakan terus tiap tahun dan terhindar dari segala bala yang menimpa warga desa”.

(Laporan : Solihin Kohar)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY