PEKAN PASAR PETANI KE – 14 PROVSU THN 2017

PEKAN PASAR PETANI KE – 14 PROVSU THN 2017

27 views
0
SHARE

SERGAI, POROS NUSANTARA – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara Ir. H. Soekirman menghadiri pembukaan Pekan Pasar Petani ke-14 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2017 bertempat di Lapangan KB Lubuk Pakam, Deli Serdang Sumut,  Selasa (12/9).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si ini turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang H. Zainuddin Mars, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu Azhar Harahap, Ketua TP PKK Provsu Ny. Hj. Evi Diana Erry, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, serta 20 perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gabpoktan) dan Kelompok Tani (Poktan) Kabupaten/Kota se-Sumut.

Gubsu Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap gelaran Pekan Pasar Petani selalu membawa semangat dan gairah baru bagi Petani, Pengusaha dan para stake holder lainnya. Kegiatan yang bertujuan membangun kerjasama pemasaran komoditas unggul antara petani dengan para pengusaha yang membantu memasarkan produk-produk pertanian ini berjalan selaras dengan pembangunan infrastruktur pendukung pertanian seperti irigasi, bendungan hingga jalan tol yang sangat bermanfaat dalam pengembangan distribusi pangan nasional, ujar Gubsu.

Lebih lanjut Erry mengatakan bahwa saat ini posisi Sumatera Utara (Sumut) naik menjadi peringkat keempat sebagai penghasil padi secara nasional dari sebelumnya posisi keenam tahun sebelumnya. Keberhasilan hal berkat kerjasama yang baik dari pemerintah, petani serta stakeholder terkait. Salah satu indikator yang meyakinkan dari sinergi antara pemerintah, pelaku pertanian dan stake holder adalah dengan terpilihnya dua orang yaitu penyuluh teladan yang berasal dari Serdang Bedagai dan satu lagi dari Deli Serdang untuk mengikuti lomba penyuluh tingkat nasional, terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Gubsu berharap pengembangan komoditi holtikultura harus disinergikan dengan baik antara semua pihak, mengingat potensi holtikultura dari Sergai, Deli Serdang dan Medan telah dapat memenuhi kebutuhan pasar tingkat Provsu. “Dengan adanya pasar bebas, Sumut memiliki pangsa pasar yang sangat baik namun harus kita perbaiki mutu, kualitas hingga packaging-nya agar sesuai selera konsumen dan harganya bersaing dengan komoditi lain’, pungkas Gubsu.

Sementara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini yang berfungsi sebagai upaya mendorong posisi penguatan petani ini dalam rangka membangun sinergi antara petani dan pengusaha guna meningkatkan perekonomian daerah.

Disamping itu, Pekan Pasar Petani juga menciptakan peluang pemasaran secara langsung antara petani dengan pelaku usaha, selain menanamkan rasa cinta produk dalam negeri ke tengah masyarakat/konsumen serta membangun motivasi dan jiwa keusahaan petani dan kelompok tani serta membuka peluang pemasaran hasil pertanian. Hal tersebut diyakini akan dapat tercapai mengingat Provsu memiliki potensi pertanian holtikultura yang menjanjikan seperti beras organik dari Sergai akan terus dikembangkan dan tingkatkan mutu dan kualitasnya dalam rangka menghadapi pasar lokal dan pasar global, ujar Bupati Sergai.

Untuk itu diharapkan Pemerintah Provsu dapat terus memotivasi Kabupaten/Kota dan harus sering mengadakan kegiatan seperti ini sehingga kita dapat melihat produk-produk unggulan dari berbagai daerah di Sumut, pungkas Soekirman.

Pada acara tersebut turut dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan antara pengusaha dengan pelaku usaha untuk pemasaran beras organik kepada 4 (empat) Kelompok Tani (Koptan) termasuk Parlan Sibarani dari Koptan Fajar Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu.

(Laporan : Dipa Sergai).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY