“PENGELOLA EKOWISATA AIA MENYURUK MENUNGGU PERIZINAN DARI PKPLH”

“PENGELOLA EKOWISATA AIA MENYURUK MENUNGGU PERIZINAN DARI PKPLH”

96 views
0
SHARE

SOLOK SELATAN, POROS NUSANTARA – Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan, memiliki kekayaan alam, hutan yang sangat luas dan asri, beserta fauna dan flora yang beragam, apabila ini dikelola dengan baik beberapa tahun kedepan Nagari ini akan menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Memang diakui untuk mengelola kekayaan yang ada tersebut tidaklah mudah, butuh SDM yang handal serta dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan.

Salah satu kekayaan alam yang ingin dikembangkan adalah Ekowisata Goa Pintu Lobang, sejak 1 tahun yang lalu telah dibentuk kepengurusan dan telah di SK kan oleh Bupati Solok Selatan melalui kosersium Latin yang di fasilitasi oleh ICS Ekowisata tetsebut akan dibangun tahun ini. Namun tahapan pembangunan tersebut sedikit terkendala karena izin UKL, UPL belum dikeluarkan oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Solok Selatan.

Keraguan pengurus Podarwis dan masyarakat sedikit terobati, pada tanggal 11 September 2017, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Solok Selatan telah mengadakan Rapat Penilaian UKL,UPL Kegiatan Pembangunan Ekowisata (taman rekreasi) Aia Manyuruk dilaksanakan, hasil penilaian tim penilai ada beberapa poin yang harus dilengkapi oleh konsersium seperti penanggulangan kesehatan dan sampah. Semua kekurangan tersebut akan segera dilengkapi. Menurut PLT.Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kab.Solok Sekatan Ir.Jonkapi mengatakan “dampak lingkungan terhadap pembangunan Ekowisata tersebut tidak besar namun kita harus waspada, kita harus mengikuti aturan yang ada agar kedepan pengurus dan pengunjung aman”.

Laporan : Man

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY