Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan Raih Beberapa Penghargaan Pada Gelar Buku 2017 Sumut

Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan Raih Beberapa Penghargaan Pada Gelar Buku 2017 Sumut

64 views
0
SHARE
Kadis Perpustakaan Sergai Dra. Salmiah dan Gubsu H.T Erry Nuradi ketika mengunjungi Stand Perpustakaan Kabupaten Sergai.

Serdang Bedagai, Poros Nusantara – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara meraih beberapa penghargaan pada Gelar Buku Tahun 2017 yang diadakan selama tiga hari (28-30/8) di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Dra. Salmiah, MM selaku kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sergai mengatakan pada awak media di ruang kerja kantornya, Kamis (31/8). Beliau mengatakan bahwa: ” ada 52 Stand yang mengikuti kegiatan ini yang di isi oleh pihak Kampus, UMKM, dan Komunitas sasarannya adalah masyarakat Sumut, serta diikuti oleh 5 Kabupaten yang ada di Sumut, diantaranya Kabupaten Sergai / Tebing Tinggi, Tapanuli Selatan, Labuhan Batu dan Tanjung Balai, pungkas Salmiah.

Kadis Perpustakaan Sergai juga mengatakan “Kegiatan ini untuk menyalurkan virus-virus membaca kepada masyarakat. Apalagi pada bulan Mei Sumatera utara (Sumut)  sudah mendeklarasikan diri sebagai provinsi literasi. Kita provinsi keempat dan disusul nantinya Sulawesi Selatan yang juga akan mendeklarasikan dirinya sebagai provinsi literasi,” kata Kadis Perpustakaan.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menanamkan budaya membaca masyarakat. Menjadikan membaca buku sebagai kebutuhan pokok masyarakat.
“Budaya baca ini harus dikembangkan. Kabupaten Sergai sudah banyak memiliki koleksi-koleksi buku. Apalagi ke depan kita juga mengikuti perpustakaan dalam kompetisi perpustakaan terbaik di Indonesia ” katanya.

Pada ajang tersebut Kabupaten Sergai Meraih :

  • Juara 3 Stand Terbaik kategori Perpustakaan Umum tingkat Kabupaten.
  • Juara I Lomba Perpustakaan tingkat SLTP diraih oleh SMP N 1 Pantai Cermin.
  • Juara Harapan 1 Lomba Perpustakaan Tingkat SLTA diraih oleh SMA N 1 Pegajahan.
  • Juara Harapan 1 Lomba Perpustakaan umum Desa/Kelurahan diraih oleh  KelurahanMelati I Tualang Kecamatan Perbaungan.
  • Juara Harapan I Lomba Perpustakaan Tingkat Kecamatan diraih oleh Kecamatan Teluk Mengkudu.
  • Juara Harapan I Lomba Perpustakaan umum Taman Bacaan Masyarakat  diraih oleh TBM AL Ilmu Kecamatan Pegajahan.
  • Juara Harapan I Lomba Perpustakaan Khusus Perkantoran diraih oleh Kantor Kejari Sergai.

Kabupaten Serdang Bedagai adalah salah satu Kabupaten yang menerima penghargaan Literasi dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Kab Sergai juga sudah ada 77 Perpustakaan Desa/Kelurahan di 17 Kecamatan serta 404 Perpustakaan sekolah meliputi SD – SMP – SMA dan 9 Perpustakaan Rumah Ibadah, 14 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) untuk Perpustakaan di Lingkungan Perkantoran ada 5 Perpustakaan.

Laporan: Dipa Sergai

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY