oleh

WABUP KUPANG LEPAS 22 CALON JAMAAH HAJI

KUPANG, POROS NUSANTARA – Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno, memberikan peneguhan kepada 22 calon Jamaah Haji asal Kabupaten Kupang yang akan berangkat menunaikan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah. Para calon jamaah diminta untuk tetap membangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati serta tampil sebagai sosok haji Kabupaten Kupang yang santun dan beraklakul karimah.

20937770_1911485742508447_1118425552_nKorinus Masneno saat melepas 22 calon Jamaah Haji di Kantor Bupati Kupang, Senin (14/8/2017) mengatakan, ciri Haji Mabrur terlihat pada mereka yang perilakunya makin baik, berkualitas serta keberadaanya semakin dirasakan manfaatnya oleh lingkungan sosial setelah mereka kembali dari menunaikan ibadah Haji. Menjadi haji mabrur menjadi dambaan setiap jemaah haji karena ibadahnya dilakukan dengan baik, dengan bekal yang halal, niat yang suci dan dilaksanakan dengan ikhlas dan jiwa yang bersih.
Lebih Lanjut Wabup Maseno menyatakan,  momen pelepasan calon jemaah haji menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu karena selama beberapa waktu telah melewati proses persiapan hingga keberangkatan menunaikan rukun Islam ke 5 tersebut. Dirinya berpesan agar para calon jamaah perlu membangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati serta tampillah sebagai sosok haji Kab. Kupang yang santun dan beraklakul karimah.

Menurutnya, Haji adalah dambaan setiap orang Islam, akan tetapi tidak semua orang punya kesempatan untuk naik haji dengan segera, selain karena ongkos yang mahal, daftar tunggu juga begitu panjang 10-11 tahun sehingga perlu mengikuti ibadah haji secara baik. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang, Masneno menyampaikan menyampaikan selamat menunaikan ibadah Haji dan mendoakan semua jamaah Haji yang Mabrur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kupang Drs. Sem Saetban, MM dalam laporannya mengatakan, kloter ke 2 ini untuk Provinsi NTT ada 450 orang calon jamaah haji yang berangkat, dimana 22 orang diantaranya berasal dari Kabupaten Kupang, dengan rincian 11 orang laki-laki dan 11 orang Perempuan. Menurut jadwal, calon jamaah akan diberangkatkan dari Kupang menuju Surabaya pada tanggal 17 Agustus 2017 dan selanjutnya tanggal 19 Agustus 2017 berangkat dari Surabaya menuju ke Jeddah-Arab Saudi. Dijadwalkan pada tanggal 28 September 2017 seluruh jamaah haji NTT kloter 65 akan kembali pulang melalui Bandara Madinah menuju Surabaya.
Pada kesempatan itu Sem menjelaskan sejak tahun 2011 hingga 2017 ini sudah ada 350 orang Calon jemaah haji Kabupaten Kupang yang terdaftar namun kali ini hanya 22 orang yang bisa diberangkatkan sehingga sisanya yang masih dalam daftar tunggu sejumlah 328 orang. Biaya penyelenggaraan Ibadah haji tahun 2017 untuk Provinsi  Jawa Timur, Bali dan NTT sebesar Rp. 35. 666.250.

Laporan: Erni Amperawaty

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini